102 PPDP Se-Kecamatan Tambakromo Hari Ini Ikut Sukseskan Gerakan Coklit Nasional

INFODESA48 Dilihat

Pati, Infodesanews.com – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Tambakromo Kabupaten Pati Jateng, Hari ini menggelar Coklit Serentak di 18 Desa yang melibatkan 102 Petugas Pemutakiran Data Pemilih (PPDP) sebagai suksesi program coklit nasional yang di laksanakan oleh KPU Pusat.

PPDP ini nantinya akan mencocokan dan meneliti (Coklit) data pemilih dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah Tahun 2018 dan akan bekerja dari tanggal 20 Januari sampai 18 Februari 2018.

Edy Supriyanto Ketua PPK Tambakromo menyebutkan bahwa nantinya petugas PPDP akan mengunjungi rumah-rumah warga untuk melaksanakan coklit data pemilih.

“Mulai hari ini petugas PPDP bersama PPK dan PPS akan turun secara serentak. Kita akan melaksanakan gerakan coklit nasional untuk wilayah kecamatan Tambakromo ” Jelas Edy. Sabtu (20/01/2018)

Saat coklit data pemilih, Petugas PPDP akan memutakirkan 10 ribu lebih data Penduduk Pemilih Potensian Pemilu (DP4) yang telah disinkronkan dengan DPT Pilkada Terakhir yang kemudian nanti dari hasil coklit ini akan ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Sementara (DPS).

” Saat coklit nanti kita akan menemukan data pemilih pemula yang telah memiliki E-KTP atau Surat Keterengan dari Disdukcapil Pati, Pemilih yang telah meninggal dunia, Pindah Domisi, Perubahan Status menjadi TNI/ Polri, Anggota TNI/ Polisi yang telah pensiun atau data pemilih yang belum dipastikan sudah ber E-KTP atau belum karena pemilih tersebut merantau jauh”  Jelasnya.

Sebelum pelaksanaan coklit ini dilaksanakan hari ini, PPK Kecamatan Tambakromo sudah melaksanakan Bimbingan Teknis pada hari Senin (15/01/2018) yang di ikuti seluruh PPS Se-Kecamatan Tambakromo dilanjutkan pendistribusian logistik PPDP dan dilanjutkan Bimbingan Teknis PPDP secara serentak Se-Kecamatan Tambakromo yang dilaksanakan oleh PPS pada tanggal 16-17 Januari 2018.

Untuk mensukseskan gerakan coklit nasional ini yang digelar hari ini (Sabtu, 20/01/2018), Petugas coklit nantinya akan melakukan coklit minimal 5 rumah di TPS masing-masing dan hasil coklit tersebut dilaporkan ke PPK melalui PPS. PPK Tambakromo kemudian akan merekap seluruh hasil coklit serentak di daerahnya untuk kemudian dilaporkan ke KPU Kabupaten Pati.