DIBUKA BUPATI, 459 JAMAAH CALON HAJI IKUTI MANASIK

BLORA,INFODESANEWS – Kegiatan manasik haji bagi jamaah calon haji Kabupaten Blora yang akan berangkat tahun 2019 ini mulai dilaksanakan pada hari Senin (17/6/2019). Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati, ratusan calon jamaah haji dikumpulkan untuk mengikuti pembukaan manasik yang dilakukan oleh Bupati Djoko Nugroho.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Blora, H. M Fatah, S.Ag, M.Ed, dalam laporannya menyatakan bahwa tujuan penyelengaraan manasik haji yaitu, untuk memberikan informasi tentang pelaksanaan ibadah haji sehingga, para calon jamaah haji paham akan urutan pelaksanaan ibadah haji.

“Manasik haji ini, memberikan bekal kepada jamaah haji, sehingga nantinya mereka paham tata cara dan urut urutan ibadah haji,” ucap Fatah.

Ia menyebutkan bahwa untuk pelaksanaan haji tahun 2019 ini, jumlah calon jamaah haji yang akan berangkat sebanyak 465 orang dengan rincian jamaah pria 213 orang, jamaah putri 252 orang, mutasi keluar 4 orang, lunas wafat 2 orang dan petugas TPHD 1 orang.

“Dari jumlah jamaah haji tersebut nantinya yang akan berangkat sebanyak 459 orang, dari data tersebut calon jamaah haji termuda yaitu atas nama Mohammad Agus Maulana Bin Kastuju dengan usia 20 tahun, sedangkan jamaah tertua atas nama Rebi binti Suto Dimin dengan usia 83 tahun” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Djoko Nugroho dalam sambutannya mengatakan, betapa senangnya para calon jamaah haji yang sudah lama menunggu sebentar lagi akan tiba waktunya berangkat menuju tanah suci.

“Pesan saya ikutilah seluruh rangkaian kegiatan manasik haji ini sampai selesai. Jangan sampai ada rasa keterpaksaaan, agar semuanya bahagia. Jenengan semua adalah calon tamu Allah SWT,” ujar Bupati.

Bupati menambahkan dalam manasik haji ini pihaknya berharap agar kata kata pembimbing dan ketua regu bisa di dengarkan dan diterapkan dalam ibadah haji nantinya.

“Semoga semua berjalan lancar, mulai dari sekarang diniati dengan ikhlas, semeleh atine, insyaallah semua nanti jadi haji yang mabrur,” tambah Bupati.

Kepada para petugas pendamping haji, diminta agar dengan sabar dan ikhlas dalam memberikan materi pembinaan dan pelatihan manasik kepada seluruh calon jamaah.

“Semoga kegiatan manasik ini berjalan lancar sehingga nantinya pada waktunya seluruh calon jamaah haji bisa berangkat ke tanah suci dengan lancar pula hingga kembali pulang, kepada para calon jamaah haji bawa barang secukupnya, kuatkan hati, niatkan hati untuk berangkat haji, jangan lain,” pungkas Bupati.

Selama kegiatan manasik, seluruh jamaah calon haji mengikuti seluruh arahan para petugas yang telah ditugasi dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Blora.

Muslim Ariyanto, (65) jamaah calon haji dari Kecamatan Ngawen, mengaku senang bisa segera berangkat haji. Ia mengaku meski sedang sakit dan harus menggunakan kursi roda, dirinya tetap semangat dan niat sepenuh hati untuk menunaikan ibadah haji.

“Sudah lama menunggu, saya sudah niat, dan ini saatnya tiba, alhamdulillah, meski harus menggunakan kursi roda insyaallah tetap semangat, semoga berjalan lancar mulai berangkat hingga balik nantinya,” kata Muslim.

Turut hadir dalam kegiatan pembukaan manasik haji, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Prov Jateng Drs. H. Farkhani SH. MM, jajaran Forkompimda, Assisten 1 Pemerintah dan Kesra Setda Blora, Ketua MUI Blora dan para tamu undangan lainnya.

Pembukaan Manasik Haji ditutup dengan pemberian materi dari Kepala Kantor Wilayah  Kemenag Prov Jateng Drs. H.  Farkhani SH kepada para calon jamaah haji kabupaten Blora. (Tim Berita Humas Protokol Setda Blora)