Empat Desa Di Jatiagung Masih Fokus Pada Pembamgunan Yang Tertunda

INFODESA, NASIONAL16 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS —
Sebanyak empat desa di Kecamatan Jati Agung, Kabupaten Lampung Selatan. secara bergantian menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDes) tahun anggaran 2021. yang dilakukan di masing-masing desa.

Dari empat desa yang menggelar MusrenbangDes yakni desa Karang Rejo, Gedung Agung, Sumber Jaya, dan desa Banjar Agung, Senin (19/10/2020).

Kempat desa tersebut dalam MusrenbangDes nya masih fokus pada pembangunan infra struktur berupa jalan yang tertunda akibat pengalihan anggaran Ta 2020 untuk penanganan Covid-19,

Menurut masing-masing kepala desa, pembangunan di bidang infrastruktur masih menjadi skala prioritas, “Sebab dengan pembangunan infrastruktur berupa Jalan dapat meningkatkan ekonomi pedesaan.”ujar kades Gedung Agung, Aswanto.

MusrebangDes yang dilaksanakan di masing-masing desa itu dihadiri dan dibuka langsung oleh Camat Jati Agung Jhoni Irzal, turut hadir hadir Sekcam, Kurnia Oktaviani, Pendamping Kecamatan, Pendamping Lokal Desa, Bhabinsa Anggota Koramil 421-09 Tanjung Bintang, Bhabinkabtibmas, ketua BPD dan anggota, LPM serta seluruh apartaur desa dan tamu undangan di masing-masing desa.

Semantara Kades Karang Rejo Feriode mengatakan beberapa usulan tokoh masyarakat ikut mewarnai kegiatan ini dengan suasana hangat dan bersahabat di tanggapi oleh pihak desa maupun pihak kecamatan, sehingga nampak komunikasi dua arah yang berjalan baik, sehingga terciptanya usulan yang direncanakan menjadi skala perioritas untuk usulan musrenbang desa tahun 2021.

“Usulan usulan dari bawah ini nantinya akan kita bawa ke musrenbang tingkat kecamatan dan akan diputuskan hasilnya pada musrenbang tingkat kabupaten,” ucap Feriode.

Ditempat terpisah Kepala Desa Banjar Agung Subhan A. Latief, menyampaikan tujuan Musrenbangdes untuk menyelaraskan pembangunan desa, dimana harus melalui tahapan, sekaligus tidak lepas dari rancangan pembangunan dengan sekala prioritas.
yang disampaikan kepada kecamatan untuk menjadi bahan kajian dalam pembangunan sekala prioritas serta dimasukan Daftar Usulan Rencana Kerja Pembangunan (DU RKP) di Musrenbang Kecamatan,

“Kegiatan MusrenbangDes ini mendorong partisipasi masyarakat desa dalam menyusun perencanaan pembangunan tahunan di tingkat desa.”paparnya.

Hal yang sama di ungkapkan Kepala Desa Sumberjaya, Tri Mulyono, Terdapat dua agenda utama dalam musrenbangdes kali ini.

Pertama, kegiatan ini merupakan rangkaian Rencana Kerja Tindak Lanjut (RKTL) perencanaan pembangunan di Desa Sumberjaya dengan menetapkan RKP-Desa Tahun 2020 yang telah disusun oleh Tim Penyusun RKP-Desa. Agenda kedua menentukan DURKP untuk Tahun 2021.

Namun demikian, Musrenbangdes masih memprioritaskan pada pembangunan infrastruktur jalan untuk meningkatkan ekonomi pedesan.”kata dia. (Ronald