Jatimulyo Desa Penutup Pelaksanaan MusrenbangDes Ta 2021 Di Kecamatan Jatiagung

INFODESA, NASIONAL21 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Pemerintah Desa (Pemdes) Jatimulyo, Kecamatan Jatiagung, Kabupaten Lampung Selatan, menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDes) tahun anggaran 2021, yang dipusatkan di balai desa setempat, Selasa (20/10/2020).

Musrenbang Desa Jatimulyo masih fokus pada pembangunan infra struktur jalan.

Hadir dalam acara Musrebangdes ketua Tim Kecamatan Jati Agung Minarni, Pendamping Kecamatan Jati Agung dan Pendamping Lokal Desa, Babinsa Anggota Koramil 421-09 Tanjung Bintang, Personil Polsek Jati Agung, dan diikuti jajaran Pemerintah Desa beserta anggota BPD desa.

Kepala Desa Jatimulyo Sumardi, SE mengatakan mengungkapkan sebelum digelar Musrenbangdes, telah dilakukan musyawarah di tingkat dusun (Musdus). “Pada Musdus semua permasalahan diusulkan oleh warga, tapi pada tingkat Musrenbangdes ini ada skala prioritas yang menjadi pertimbangan tim.

Beberapa usulan tokoh masyarakat ikut mewarnai kegiatan ini dengan suasana hangat dan bersahabat di tanggapi oleh pihak desa maupun pihak kecamatan, sehingga nampak komunikasi dua arah yang berjalan baik sehingga terciptanya usulan yang di rencanakan menjadi skala perioritas untuk usulan musrenbang desa tahun 2021.

“Usulan-usulan dari bawah ini nantinya akan kita bawa ke musrenbang tingkat kecamatan dan akan diputuskan hasilnya pada musrenbang tingkat kabupaten,” ucapnya.

Dia menjelaskan Musrenbangdes adalah forum musyawarah perencanaan tahunan di tingkat desa untuk membahas dan menyepakati usulan kegiatan pembangunan hasil musyawarah dusun, hasil dari musrenbang desa di usulkan di tingkat kecamatan.

Sumardi mengatakan, melalui kegiatan Musrenbangdes ini mendorong partisipasi masyarakat desa dalam menyusun perencanaan pembangunan tahunan di tingkat desa.

“Kegiatan ini di mulai dengan tahapan penggalian gagasan di tiap-tiap dusun yang ada di Desa Jatimulyo dan hasil penggalian gagasan di tingkat dusun juga turut di ikut sertakan sebagai bahan musrenbang di tingkat desa,” lanjut Kades Sumardi.

Lebih lanjut dia mengatakan beberapa usulan tokoh masyarakat ikut mewarnai kegiatan ini dengan suasana hangat dan bersahabat di tanggapi oleh pihak desa maupun pihak kecamatan, sehingga nampak komunikasi dua arah yang berjalan baik, sehingga terciptanya usulan yang direncanakan menjadi skala perioritas untuk usulan musrenbang desa tahun 2021.

“Usulan usulan dari bawah ini nantinya akan kita bawa ke musrenbang tingkat kecamatan dan akan diputuskan hasilnya pada musrenbang tingkat kabupaten,” ucapnya.

Sumardi menjelaskan rencana kerja pembangunan desa Jatimulyo yang tertunda pada tahun 2020 menjadi skala prioritas pada tahun 2021 mendatang.

Pembangunan rapat beton di Dusun I B pada Gang Rahmat sepanjang 181 meter, Gang Lebung sepanjang 300 meter dan Gang Lapangan panjang 100 meter.

Di Dusun I D pada Gang TK sepanjang 87 meter, Gang Andalas sepanjang 81 meter, Gang Hidayag 3 panjang 78 meter, Gang Hidayag 5 panjang 88 meter, Gang Bidara I panjang 105 meter, dan Gang Bernoh penjang 70 meter.Terangnya. (Ronald)