Aksi Peduli Jalan Rusak Anggota Bhabinkamtibmas

INFODESA48 Dilihat

Blora, Infodesanews.com – Aksi Sosial Bhabinkamtibmas Polres Blora aktivitas di luar tugas dan tanggung jawabnya di wilayah desa binaanya masing-masing dalam bantu pengurukan jalan kampung bersama warga. Senin (02/10/17).

Dalam upaya melaksanakan kegiatan sosialnya dan pendekatan terhadap masyrakat selain dengan memberikan penyuluhan, menyelesaikan problem solving atau pun melakukan pengamanan kegaiatan masyarakat, Bhabinkamtibmas Polres Blora juga berjibaku mengangkat sekop dan membawa segunduk berangkal (material) pasir dan kerikil. Bersama warga para anggota Bhabinkamtibmas Polres Blora bekerja bakti mengguruk lubang jalan desa yang rusak akibat musim Hujan.

“Menguruk jalan berlubang kecil-kecilan dengan peralatan seadanya ini, spontanitas dan inisyiatif kita saja untuk membantu memperbaiki jalan rusak, tanpa komando dari atasan. Kebetulan ada yang mengirim berangkal, spontan kita langsung menguruknya. Kegiatan di luar tugas keseharian ini, bukan sekali ini saja, melainkan sudah sering kali di tempat lainnya. Seperti halnya di masing-masing Desa tempat Bhabinkamtibmas bertugas,” ujar Kapolres Blora AKBP Saptono diruangan.

Menurut Kapolres, meski bukan tugas dan tanggungjawabnya, namun menguruk jalan berlubang merupakan kewajiban dan bentuk kepedulian Kepolisian untuk ikut membantu memperbaiki jalan rusak. Apalagi kondisi jalan rusak sangat berpengaruh pada keselamatan masyarakat yang melintas untuk beraktivitas. Bahkan bisa berakibat fatal, bisa mengundang kecelakaan kendaraan.

“Satu lubang saja di jalan, bisa memperlambat aktivitas. Bahkan jalan rusak bisa mengundang kecelakaan. Oleh karena itu, demi keselamatan dan membantu kepentingan masyarakat, anggota Bhabinkamtibmas harus berinisyiatif dan terpanggil untuk menguruk jalan berlubang ini,” katanya.

Kapolres Blora mengatakan, setelah jalan berlubang diuruk, diharapkan bisa ditindaklanjuti oleh instansi terkait, yakni Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kab. Blora dengan meratakannya menggunakan alat berat. Terlebih jika sekalian diaspal, sehingga masyarakat bisa merasa nyaman dan aman dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

“Kita berharap, pihak berwenang menindaklanjuti dengan perataan dan pengaspalannya,” tutur AKBP Saptono.( AR/IKS)