Asap Tebal, Personel Polsek Mejobo Turun ke Lokasi

INFODESA30 Dilihat

KUDUS, INFODESANEWS – Pengguna jalan lingkar selatan Desa Payaman, Kecamatan Mejobo, Kudus, sempat terganggu asap tebal dari kebakaran rumput di bahu jalan.

Personel Polsek Mejobo yang mendapatkan laporan tersebut, kemudian mendatangi lokasi dan berupaya melakukan pemadaman di tepi jalan lingkar selatan, dengan cara dipukul- pukul menggunakan ranting pohon.

Tapi asap tebal terus mengepul dan terbawa angin ke jalanan sehingga mengganggu pandangan pengendara.” beberapa menit kemudian, Kanit Propam Polsek Mejobo Aipda Kastono bersama anggota piket datang menggunakan mobil Backbone dengan membawa sejumlah ember dan galon yang terisi air untuk memadamkan api di tepi jalan tersebut.

Kapolres Kudus AKBP Dydit Dwi Susanto melalui Kapolsek Mejobo Iptu Krisbiantoro mengatakan, kepulan asap kebakaran rumput tersebut bisa memicu kasus tabrakan.

Pihaknya memberi perhatian penuh pada masalah kebakaran maupun pembakaran semak atau lahan menyusul cuaca ekstrem dampak dari fenomena El Nino yang terjadi sekarang.

“Setelah 30 menit, api berhasil dipadamkan. Saat musim kemarau seperti sekarang ini, potensi terjadi kebakaran akan tinggi,” ungkap Iptu Krisbiantor dihadapan awak media, Kamis (31/8/2023).

Ia mengimbau masyarakat agar tidak melakukan perbuatan yang berdampak timbulnya api di dekat jalan raya.”Pembakaran dengan sengaja maupun tidak sengaja seperti buang puntung rokok misalnya, dalam kondisi panas terik seperti sekarang bisa mengakibatkan kebakaran,” katanya.

Masyarakat juga diminta segera lapor jika melihat asap di tepi jalan.”Bila ada api atau asap tebal dekat jalan raya, saya harap warga, pengendara atau siapa saja yang melihat segera menghubungi Polsek terdekat atau layanan aduan Polres Kudus 0821-3706-6566,” tandasnya.(@Gus Kliwir)