ASDP lintasan Selat Sunda dari pelabuhan Bakauheni menuju ke Pelabuhan Merak Berhenti Total

INFODESA94 Dilihat

Lampung Selatan, Infodesanews.com – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas V Bakauheni dan pihak PT.Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) cabang Bakauheni akhirnya memutuskan melakukan penghentian operasional kapal kapal di lintasan Selat Sunda dari pelabuhan Bakauheni menuju ke Pelabuhan Merak sampai waktu yang tidak dapat di tentukan.

Menurut Suyatno selaku Kepala KSOP Kelas V Bakauheni penghentian operasional semua kapal dilakukan atas keputusan bersama antara KSOP,ASDP dan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah V Bengkulu-Lampung.

” Melihat situasi yang tidak memungkinkan penghentian operasional ini di lakukan iuntuk mengantisipasi kejadian yang kita tidak inginkan bersama,” ungkapnya.

Suyanto bahkan menyebut dari operasional normal dermaga yang dioperasikan diantaranya dermaga I,III,V, dan VII dengan jumlah kapal yang beroperasional setiap hari berkisar sebanyak 27 hingga 27 kapal dengan jumlah trip sebanyak 105 trip namun terhitung pukul 18:00 WIB pelayaran kapal kapal dari Merak ke Bakauheni dan sebaliknya dihentikan dan sementara diminta anchor di sekitar perairan Bakauheni dan Merak.

“Berdasarkan informasi dari BMKG kondisi cuaca perairan memang sangat ekstrim dengan kecepatan angin mencapai 15 knot dan ketinggian gelombang di perairan Selat Sunda mencapai 4 hingga 5 meter sehingga semua stakeholder terkait sepakat semua kapal dihentikan operasionalnya,”terang Suyatno selaku Kepala KSOP Kelas V Bakauheni Kamis

KSOP bahkan tekah berkoordinasi dengan Merak yang bahkan telah melakukan penutupan operasional kapal kapal yang akan berlayar memperhatikan kondisi cuaca ekstrim yang terjadi sejak sore hingga malam bahkan diprediksi baru akan kembali normal menjelang subuh. Saat kondisi normal pelayaran akan kembali dioperasikan mengingat saat ini sebagian penumpang pejalan kaki,kendaraan pribadi sebagian sudah tiba di pelabuhan Bakauheni.

Manager Operasional PT.ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni, Anton Murdianto menyebut kepada para penumpang yang sudah membeli tiket baik penumpang pejalan kaki, pengguna kendaraan pribadi juga diberikan tempat parkir yang luas di area pelabuhan Bakauheni yang saat ini belum bisa melanjutkan perjalanan menggunakan kapal laut.

Selain areal parkir yang luas loby tiket yang luas juga memberikan keleluasaan kepada penumpang untuk mengembalikan tiket yang sudah dibeli atau menunggu perjalanan hingga waktu yang belum ditentukan.

“Sudah kita koordinasikan dengan KSOP,BPTD wilayah VI Bengkulu-Lampung dengan keputusan menghentikan operasional pelayaran di pelabuhan Merak dan Bakauheni hingga kondisi cuaca membaik,“punhkas Anton Murdianto.( SG )