Babinsa Koramil 03 Wonosalam Cek Kesiapan Panen Mt I Di Botorejo

INFODESA42 Dilihat

DEMAK, Infodesanews.com – Monitoring kesiapan Panen padi MT 1 Jenis IR 36, di lahan sawah milik Bpk. Mudasir kelompok tani Makmur dengan luas 1 Ha di Desa Botorejo Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak,di laksanakan Babinsa Koramil 03 Wonosalam Selasa (16/01).

Kegiatan dilakukan berdasarkan instruksi Dandim 0716/Demak kepada seluruh Koramil jajaran untuk melaksanakan pengecekan kesiapan panen MT 1 tanaman padi di wilayah masing-masing.

Babinsa diminta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman padi di wilayah Kabupaten Demak Sementara hasil pantauan di lapangan kepada para Babinsa hingga saat ini, tanaman padi terlihat subur dan diharapkan hasil panen meningkat khususnya di wilayah Kecamatan Wonosalam.

Babinsa Koramil 03/Wonosalam Serma Supartono mengatakan, “untuk mencapai hasil yang maksimal, kami dan Babinsa lain diperintahkan ikut mendampingi petani, dari penyiapan lahan sawah, penyemaian bibit, monitoring perkembangan dan kesuburan tanaman hingga panen dan penyaluran ke Bulog. Selain itu Babinsa dituntut agar mengetahui keluh kesah petani dan pola tanam sesuai dengan prosedur yang telah diajarkan demi hasil yang maksimal”, Ujarnya.

Pada musim penghujan kali ini di wilayah Desa Botorejo hujan lebat dan angin kencang sesaat yang menyertai hujan bisa merusak tanaman petani sehingga diharapkan para petani perlu mengantisipasi hal ini.

Sebagai langkah antisipasi guna menghindari hal yang tidak diinginkan Babinsa bersama petani kemudian mengikat padi, agar tidak membusuk terkena air ataupun lumpur. “Tindakan ini bertujuan supaya tanaman tidak membusuk karena terendam air,” kata Babinsa.

Kegiatan tersebut sebagai bentuk tanggungjawab Babinsa dalam pendampingan kepada petani serta diharapkan Babinsa mampu mendorong demi sukseskan program pemerintah terkait swasembada pangan.

Danramil 03/Wonosalam Kapten Czi Alimuddin mengatakan “Kegiatan monitoring tanaman padi milik petani yang dilakukan para Babinsa dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan kesiapan panen dan harga Gabah di tingkat petani saat panen serta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman padi di wilayah Desa Botorejo Kecamatan Wonosalam ini ini,” .

“upaya tersebut untuk mendukung program swasembada pangan pada tahun 2018, dimana perlu ditindaklanjuti oleh para Babinsa di jajaran Kodim 0716/Demak khususnya Koramil 03/Wonoslam”, Ujarnya. (Pendim 0716/Demak)