Brimob Kompi 3 Yon B Pelopor Baebunta, Bantu Material Longsor Poros Palopo-Torut

INFODESA26 Dilihat

SULSEL(LUWU RAYA), INFODESANEWS – Hujan melanda Luwu Raya Toraja mengakibatkan longsor di jalan hubung antara Kota Palopo dan Kabupaten Toraja Utara (Torut) Sulawesi Selatan (Sulsel). Lumpur tanah, batu dan tiang listrik serta pohon yang tumbang sehingga trans Palopo ke Torut lumpuh total begitupun sebaliknya.

Membantu membersihkan jalan dari lumpur dan batuan Polres Kota Palopo dan Brimob Baebunta serta TNI dikerahkan untuk membersihkan lumpur, batuan, pohon pohon akibat longsor.

“Kami ikut membantu membersihkan lokasi longsor di trans Palopo-Torut yang sekarang masih lumpuh total untuk arus jalan, karena lokasi  warung tangnga jalanan menganga (terbelah) longsor,” kata AKP Laode Rusli Komandan Kompi (Danki) Brimob Kompi 3 Yon B Pelopor Baebunta pada media ini, Minggu (28/6/2020) melalui WhatsApp.

Longsor yang terparah di km 24 Battang Barat Kecamatan Wara Barat Kota Palopo, tepatnya di warung tangnga (tengah).

Kegiatan personil Brimob dan Polres Kota Palopo tersebut berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palopo. Sejumlah relawan, TNI/Polri dan warga ikut serta bergotong-royong untuk membersihkan jalan dari material longsor.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palopo, Anthonius Dengen melaporkan longsor material juga terjadi di km 26, km 23, km 21 timbunan material longsor di kawasan jalan trans Palopo-Torut.

Ada 25 mobil terjebak diantara km21-23, tiga bus, 2 mobil pengangkut tabung LPG, 5 mobil pengsngkut ternak dan 15 mobil roda empat. Dan 8 rumah terkena longsor, yakni rumah Bapak Hanna, Tiara, Dede, Anima, Eva, Mami, Mallang Paledan dan Tante Lilin, serta ada 8 tiang listrik yang tumbang. Juga ada 64 Kepala Keluarga (KK) yang terkena dampak longsor, 27 KK dengan jumlah jiwa 109 di RT Satu, di RT Dua ada 37 KK jumlah jiwa 138.

“BPBD Palopo dengan Tim TRC sudah di lokasi kejadian dan memasang tanda peringatan longsor di jalan trans tersebut,” jelas Anthonius Dengen.

Sementara Wakil Gubernur (Wagub) Sulsel Andi Sudirman dan Anggota Komisi V DPR RI Sarce Bandaso dan anggora DPRD Provibsi Sulsel, Dan Pongtasik, Esra Lamban, juga hadir Wakil Ketua DPRD Toraja Utara Timotius Samuel Lande.

Wakil Gubernur Sulsel menyerahkan bantuan semvako bagi warga yang terdampak bencana longsor serta memvagikan masker. Juga Pemerintah Kabupaten Toraja Utara menyerahkan bantuan beras.

Sarce Bandaso anggota DPR RI membidangi Banggar dan Infrastruktur Bina Marga mengatakan bahwa setelah saya kembali ke Jakarta akan segwra dilaporkan ke Kementerian untuk harus dipercepat penanganan membuka kembali akses jalan penghubung Palopo-Torut. (yustus)