Bupati dan Wakil Pantau Pelaksanaan Pilkades Serentak

INFODESA47 Dilihat

Banyumas, Infodesanews.com – Bupati Banyumas Ir Achmad Husein dan Wakil Bupati Banyumas dr Budhi Setiawan, memantau langsung pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 17 desa se-Kabupaten Bannyumas Senin (18/12).

Hal yang sama dilakukan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Srie Yono, yang melakukan pemantauan di beberapa kecamatan berbeda.

Desa pertama yang menjadi sasaran pantauan Wakil Bupati yakni Desa Cindaga di Kecamatan Kebasen, dilanjutkan dengan Desa Tunjung Kecamatan Jatilawang, Desa Kebanggan dan Datar di Kecamatan Sumbang, kemudian Desa Ledug Kecamatan Kembaran, dan terakhir Desa Sokaraja Tengah Kecamatan Sokaraja..

Berdasarkan pantauam proses demokrasi dengan sistem coblosan itu berjalan aman dan tertib. Di Desa Cindaga Kecamatan Kebasen dimana jumlah pemilih lebih dari 9000 pemilih dan diikuti calon 5 Kepala Desa, pelaksanaan juga berjalan lancar. Bahkan panitia selalu menghimbau dan menyampaikan kepada Wakil Bupati melalui pengeras suara, bahwa pelaksanaan demokrasi di desanya berjalan dengan aman.

“Jangan kawatir Pak Wakil Bupati, situsasi menjelang pelaksanaan pilkades sampai saat ini berjalan aman dan terkendali.” kata salah satu panitia melalui pengeras suara.

Wakil Bupati mengajak kepada para pemilih dan calon Kepala Desa untuk menghormati hasil demokrasi, siapapun pemenangnya.

“Karena yang terpilih hanya satu orang, saya minta kepada semua calon dan pendukung, untuk bersama sama bersatu dan bersinergi untuk membangun desanya,” kata Wakil Bupati.

Menurut pantauan pada Pilkdes di Desa Ledug, terdapat lima calon kepala desa, dimana salah satu calon bukan warga desa Ciledug.

“Calon nomor urut 5 atas nama Suyono, bukan warga Ciledug tetapi oarang Sambeng Pak Wakil Bupati,” jelas Yayah Setiono  Camat Kembaran.

Di Desa Sokaraja Tengah Wakil Bupati Budhi Setiawan ikut menyaksikan proses penghitungan suara. Kedua kandidat Calon Kades yaitu nomor urut 1 Agus Waluyo memperoleh 1475 suara dan nomor urut 2 Asik Gesang Sugiarto sang Mantan Kapala Desa memperoleh 2603 suara sehingga menjadi Kepala Desa Terpilih.(AR/Parsito)