Desa Mekar Sari, Dari Gelap Jadi Terang Benderang

INFODESA422 Dilihat

LUTIM, INFODESANEWS – Ada penampilan yang berbeda dalam kurun dua tahun di Desa Mekar Sari Kecamatan Kalaena, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Dua tahun silam, jalan-jalan di desa ini gelap gulita.Tapi itu cerita dulu. Sekarang tidak lagi, suasana desa berubah jadi terang benderang setelah Pemerintah Desa Mekar Sari memasang lampu – lampu jalan yang ditempatkan di setiap depan rumah warga.

Bukan Cuma itu,lorong-lorong desa juga dilengkapi dengan Pot-Pot dengan bentuk yang Unik serta ditanami pohon pucuk merah, sehingga menambah cantik suasana desa.

” Program ini merupakan ide brilian dari pak Mustafa, Kepala Desa Mekar Sari Periode 2014 – 2019, yang dimasukan didalam RKP dan RPJMDES tahun 2018 lalu, kemudian Implementasikan saat ini” terang Eva, Kepala urusan Perencanaan Desa Mekar Sari, Jumat (11/10).

Menurut Eva, program ini dilatarbelakangi karena sering terjadinya kecelakaan di perempatan jalan desa di waktu malam sebagai akbat tidak adanya penerangan jalan. Selain itu , juga untuk meminimalkan tindakan kejahatan pencurian hewan ternak warga.

“ Dengan penerangan tentunya memberikan perasaan aman bagi warga saat malam hari, apalgi adanya pot-pot yang ditanami dengan pohon pucuk merah adalah untuk membuat lingkungan desa asri dan bersih, “ Jelas Eva.

Program ini bersumber dari alokasi dana desa baik dari APBD Kabupaten LUWU TIMUR Dan APBN, juga dari Bagi Hasil Pajak dan Retribusi Daerah.

Program yang dilakukan di Desa yang terdiri dari tiga dusun dengan jumlah Jiwa sebanyak 2139 Jiwa Dari 587 Kepala Keluarga itu, dilakukan secara bertahap sejak 2018. Program inj telah menjangkau 80 % Keluarga dan akan dilanjutkan sampai 100 % dengan target terealisasi Tahun 2020 Karena sudah dimasukan kedalam RPMJ Desa Mekar Sari Tahun 2020.

Menanggapi program Kades Mekar Sari, salah seorang warga, Asnaeni mengaku sangat berterima kasih buat Pemerintah Desa Mekar Sari Dan Pemerintah Kabupaten Luwu Timur.

” Kami merasa senang denganadanya Program Desa berupa Lampu Jalan Dan Pot-Pot Bunga sepanjang Jalan, dulu kalau malam suasana desa sangat gelap namun saat ini sudah terang dan desa semakin cantik dengan Pembuatan Pot sepanjang jalan Dan lorong desa, ” puji Asnaeni.

Sebagai informasi, jabatan Kepala Desa Mekar Sari saat ini dijabat oleh Plt.Ridayanti yang juga Sekdes Mekar Sari Karena Pak Mustafa yang merupakan inisiator Program Lampu jalan Dan Pot Bunga ini juga sedang mempersiapkan diri untuk kembali bertarung pada pemilihan Kepala Desa Mekar Sari Periode mendatang .(Stly/yul)

Berita Terkait

Baca Juga