Dua Barung Kwarcab Banyumas Juara Persari Tingkat Kwarda Jateng

NASIONAL, PENDIDIKAN224 Dilihat

BANYUMAS, INFODESANEWS – Kwarcab Banyumas kembali menunjukkan keunggulan dalam pendidikan dan pelatihan Pramuka. Hal tersebut terbukti, dimana 2 barung Pramuka Siaga yang dikirimkan untuk mengikuti Pertemuan Pramuka Siaga Sehari (Persari) tingkat Kwarda Jawa Tengah, yang digelar secara On-line mulai Rabu (25/11/2020) hingga Sabtu (05/12/2020), keduanya meraih sukses menjadi Juara 1 Putra dan dan Juara 2 Putri.

Prestasi ini mengulang sukses sebelumnya, karena kedua barung tersebut, dipimpin oleh Pramuka Siaga Garuda yang mendapat penghargaan Scout Eagle Award Tingkat Jawa Tengah Tahun 2020. Barung Hijau Putra dari Pangkalan SDN 1 Kebanggan Kecamatan Sumbang dengan Pembina Pendamping Sukarso, berhasil menjadi Juara 1, dengan pemimpin barung Noor Fadilah Setiana adalah Juara 2 Eagle Scout Award Tingkat Jawa Tengah 2020. Sedangkan Barung Kuning Putri dari Pangkalan SDN 3 Bangsa Kecamatan Kebasen dengan Binadamping Etik, dipimpin oleh pemimpin barung Sheilobita Charlyn Juara 1 Putri Eagle Scout Award Tingkat Jawa Tengah 2020 mampu bertahan pada Juara 2.

Pimpinan Kontingen Kwarcab Banyumas Rohmanto, S.Pd mengaku senang kedua kontingennya mampu menunjukkan keunggulannya diantara 74 Barung lainya dari seluruh Jawa Tengah. Meski kegiatan dilakukan secara online, para pelatih pembina dan tim lainnya mampu menyesuaikan untuk membimbing adik adik siaga meraih juara.

“Kedua Barung ini mengikuti kegiatan bersama sejak dibuka oleh Kwarda Jawa Tengah Kak Atiqoh Ganjar Pranowo Rabu (25/11/2020) lalu Alhamdulillah hari ini Sabtu (05/02/2020) penutupan dan pengumuman, kedua barung utusan Kwarcab Banyumas berhasil meraih Juara,” jelas Rohmanto.

Rohmanto mengatakan perbedaan dengan Persari sebelumnya yang digelar secara tatap muka, karena masih dalam suasana pandemi kegiatan tahun ini dilaksanakan di rumah/sekolah, peserta mengirimkan bukti kegiatan secara online. Kegiatan meliputi persaudaraan dengan mengirim surat kepada teman baru lewat kantor pos, kegiatan patriotik dengan menyanyi lagu nasional.

“Ada juga percobaan, cerita keluarga dan siaga suka membantu, siaga peduli bencana dan wisata siaga secara online,” tambahnya.

Dari akumulasi hasil akhir Persari Jawa Tengah, untuk Barung Putra Banyumas mampu mengumpulkan nilai 786 berhasil menjadi Juara 1 diikuti Kwarcab Purbalingga sebagai Juara 2 dengan nilai 775 dan Juara 3 Kwarcab Kota Semarang dengan nilai 765. Sedangkan Barung Putri Banyumas menjadi Juara 2 dengan nilai 765. Untuk Juara 1 diraih oleh Kwarcab Purworejo dengan nilai 777 dan Juara 3 Kwarcab Kebumen dengan nilai 752.

Ketua Kwarcab Banyumas Drs Achmad Supartono M.Si mengaku bangga atas prestasi yang diperoleh Pramuka Siaga Banyumas.

“Terima kasih atas kerja keras nanda siaga, para pelatih, pembina dan orang tua. Penghargaan ini melestarikan tradisi juara dan terus mengokohkan prestasi Kwarcab Banyumas sebagai Kwarcab Tergiat di Kwarda Jawa Tengah,” katanya.

Berita Terkait

Baca Juga