Dua Kades Di Kecamatan Sidomulyo Resmi Dilantik

INFODESA287 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Empat Kepala Desa terpilih hasil pelaksanaan Pilkades secera serentak gelombang III tahun 2019 yang berlangsung pada Bulan Juni 2019 , resmi dilantik oleh Plt Bupati Lampung Selatan. H. Nanang Ermanto,

Pelantikan Empat Kades dari dua Kecamatan yang berbeda diantaranya Dua Kedes dari Kecamatan Sidomulyo dan dua dari Kecamatan Katibung, yang disatukan itu dipusatkan di Lapangan Desa Kotadalam Kecamatan Sidomulyo, Kabupaten Lampung. Senin (25/11/2019)

Empat Kepala Desa yang dilantik dari dua Kecamatan yang berbeda itu yakni, Asli Jauhari dilantik sebagai Kepala Desa Kotadalam dan Masri Efendi dilantik sebagai Kepala Desa Campang Tiga Kecamatan Sidomulyo.

Kemudian Dua Kepala dari Kecamatan Katibung, yakni Syaidir dilantik sebagai Kepala Desa Tanjungan dan Tubagus dilantik sebagai Kepala Desa Karya Tunggal, Kecamatan Katibung Kabupaten Lampung Selatan.

Diketahui sebelum prosesi pelantikan dilaksanakan diawali dengan arak arakan Adat budaya Lampung Pubian yang diiringi Rebana dan pertunjukan pencak silat membuat suasana semakin meriah.

Dalam Kesempatan tersebut Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto dan Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Winarni yang hadir dalam acara itu pun dihias bak seorang raja dan ratu mengenakan pakaian adat Lampung Pubian lengkap dengan asesorisnya.

Uniknya, sebelum memasuki lokasi, Plt Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto dan Ketua TP PKK Hj. Winarni terlebih dahulu diarak menaiki Bukhung Garuda yang dipanggul sekitar enam orang.

Salah seorang tokoh Adat Desa Kotadalam Kecamatan Sidomulyo, Hasbunah mengatakan “Itu (Bukhung Garuda) kendaraan yang dipakai raja-raja zaman dahulu. Kalau sekarang kita gunakan sebagai penghormatan untuk para petinggi,” kata Hasbunh.

Menurutnya, selain sebagai bentuk penghargaan, arak-arakan adat menggunakan Bukhung Garuda itu sebagai bentuk pelestarian adat dan budaya yang ada di Lampung, khususnya Desa Kota Dalam, Kecamatan Sidomulyo.

“Masyarakat Desa Kota Dalam ini masih kental dengan adat dan budaya Lampung. Bahkan kegiatan tujuh belas Agustus pun kami menggunakan acara khas adat,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto sebagai tokoh utama dalam acara itu mengaku sangat bangga dengan keberagaman adat dan budaya yang ada di Kabupaten Lampung Selatan.

Dirinya bahkan terharu karena diarak mengunakan kendaraan untuk para raja pada masanya. “Saya sangat terharu, selama jadi Plt Bupati sudah tiga kali saya diarak naik seperti ini. Inilah adat budaya yang harus terus kita lestarikan,” kata Nanang. (Sg)

Berita Terkait

Baca Juga