Inovasi Karya Mahasiswa Unikama, Warung Hidup Sebagai Alternatif Lahan Sempit

INFODESA, NASIONAL261 Dilihat

MALANG, INFODESANEWS | Demi menanggulangi dampak dari covid-19 di bidang ketahanan pangan dan perekonomian warga. Mahasiswa Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) yang sedang malaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Kuwolu, Kecamatab Bululawang, Kabupaten Malang.

Dalam KKN tersebut dibimbing oleh Ati Retna Sari, Se, Ak, Msa, Ca selaku dosen pembimbing lapangan yang membuat program warung hidup sebagai alternative lahan yang sempit di desa tersebut.

Febrian Kusuma sebagai ketua kelompok menjelaskan, pembuatan warung hidup menggunakan media polybag selain sebagai alternative lahan yang sempit bisa menjadi lumbung pangan warga desa yang mengalami dampak dari covid-19 dimana banyak warga yang mengalami pemutusan hak kerja.

“Sebagai media untuk ketahanan pangan nantinya tanaman yang di tanam bisa di jual untuk meningkatkan perekonomian warga di desa ini. Tanaman yang di taman berupa Cabai, Sawi, dan terong” ungkapnya.

Lanjutnya, sebelum ada warung hidup mayoritas warga bingung dengan keadaaan tanah yang tandus maupun sempit dimana hanya bisa ditanami tanaman seperti jagung, tebu.

“Untuk pengambilan tanah kami memanfaatkan tanah dari selokan yang sedikit di aliri sungai mati serta di beri pupuk agar tanaman bisa tumbuh subur” tambahnya.

Di masa sulit seperti iini, tentunya mahasiswa bisa menjadi wadah motivator dan inspirator bagi warga demi mengatasi masalah yang terjadi di masa pandemi covid-19. Guna membantu meningkatkan perekonomian masyarakat. (Riyan)

Berita Terkait

Baca Juga