Isteri Wabup Torut, Sosialisasikan 4 Pilar MPR RI di Kampus II UKI Toraja

NASIONAL107 Dilihat

TORAJA UTARA, INFODESANEWS – Mahasiswa/i merupakan motor penggerak perubahan suatu Bangsa dan Negara, di mana merekalah yang masih memiliki kebersihan ideologis dan pergerakan yang dinamis dalam pemikiran perbaikan kehidupan, memiliki peran strategis dalam menyebarluaskan pemahaman Empat Pilar MPR.

Demikian disampaikan  anggota DPR RI Fraksi Partai Nasdem, Eva Stevany Rataba(isteri Wakil Bupati Toraja Utara/Torut) dalam sosialisasi Empat Pilar MPR RI di Aula Kampus II Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja, dengan dihadiri 150 mahasiswa.

Eva panggilan akrab anggota DPR RI menjelaskan, pilar adalah tiang penyangga suatu bangunan. Pilar memiliki peran yang sangat sentral dan menentukan,  jika pilar ini tidak kokoh atau rapuh akan berakibat robohnya bangunan yang disangganya.

Demikian pula halnya dengan bangunan Negara atau Bangsa, itu membutuhkan pilar atau yang merupakan tiang penyangga yang kokoh agar rakyat yang mendiami akan merasa nyaman, aman, tenteram dan sejahtera, terhindar dari segala macam gangguan dan bencana.

Dijelaskan, Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia memiliki metode yang khas dalam merawat persatuan dan kesatuan tanah air melalui Sosialisasi Empat Pilar MPR, yaitu  Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan RI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Eva juga mengingatkan mahasiswa agar memiliki empat peran dan fungsi sebagai pilar perubahan bangsa, diantaranya  kaum intelektual sebagai pelapis dalam berbagai pos sumber daya manusia yang berkualitas dan mumpuni diberbagai bidang kehidupan.

“Peran mahasiswa bagi bangsa dan negeri ini bukan hanya duduk di depan meja dan dengarkan dosen berbicara, akan tetapi mahasiswa juga mempunyai berbagai peran dalam melaksanakan perubahan untuk bangsa Indonesia. Peran tersebut adalah sebagai generasi penerus yang melanjutkan dan menyampaikan nilai-nilai kebaikan,” pesan Eva.

Dalam sosialisasi ini,  pemateri lainnya adalah Kepala Kesbangpol Toraja Utara DT. Rantetasak, dan Dekan Fakultas Teknik UKI Toraja Yafet Bontong, yang dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang(suami Eva).(yustus)

Berita Terkait

Baca Juga