Jepara Jadi Tujuan Dekranasda Lampung Selatan Gali Ilmu Tenun

NASIONAL204 Dilihat

JEPARA, INFODESANEWS | Guna menambah wawasan dan ilmu pengalaman di bidang penenunan kain. Dekranasda Lampung Selatan, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah.

Ketua Dekranasda Lampung Selatan, Hj Winarni Nanang Ermanto mengatakan, Jepara merupakan kota bersejarah yang menjadi kota kelahiran salah satu pahlawan wanita yaitu Raden Ajeng Kartini.

“Jepara juga terkenal dengan kain tenun dan kerajinan ukirnya yang sudah dikenal di Nasional dan Internasional.”kata Bunda Win sapaan akrabnya itu.

Menurutnya kunjungan ini ingin belajar menenun di Jepara ini untuk mengembangkan. “Kain tenun yang kami miliki. Karena sampai saat ini untuk tenun inuh kami hanya membuat motifnya saja dan untuk membuat lainnya kami buat di Jepara.”ujarnya.

Dijelaskan Lampung Selatan dengan Pemerintah yang terdahulu memiliki alat tenun tradisional yang belum pernah terpakai maka dari itu kami ingin belajar disini agar alat tersebut bisa berfungsi dan bermanfaat untuk mengembangkan kain tenun ikat Inuh milik Lampung Selatan.

“Saya berharap bisa terus berkordinasi dan berkomunikasi secara berkelanjutan agar kami bisa mengikuti jejak Kabupaten Jepara dalam mengembangkan Ke jaringan khususnya Kain tenunnya.”terangnya.

Sementara itu ketua Dekranasda Kabupaten Jepara, Eka Edy Suprianta menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi karena telah memilih Kabupaten Jepara sebagai tempat untuk kegiatan kunjungan kerja.

“Kami dari Dekranasda dan Pemerintah Kabupaten Jepara mengucapkan terima kasih untuk Dekranasda Lampung Selatan, yang telah berkunjung ke Kabupaten Jepara untuk saling tukar pengalaman.” ucap Eka dalam sambutannya.

Dikesempatan yang sama Eka juga menyampaikan, Jepara memiliki kain tenun khas yang dinamakan Troso yang merupakan nama Desa di Kabupaten Jepara yang mayoritas masyarakatnya membuat kain tenun Troso.

“Troso itu nama Desa yang masyarakatnya membuat kain Tenun Troso nanti ibu beserta rombongan bisa melihat alat tenun kami dan cara membuatnya.”ungkapnya.

Dalam kunjungan kerjanya Ketua Dekranasda Lampung Selatan beserta rombongan disambut langsung oleh Plt Bupati Jepara, Edy Suprianta atd SH,. MH. berama Ketua Dekranasda Kabupaten Jepara Eka Edy Suprianta, di Pendopo Kartini Kantor Bupati setempat, Selasa (6/12/2022)

Turut hadir Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Jepara Dibayar Susanto, Kepala OPD dari Dinas terkait, Ketua DWP Kabupaten Jepara Reni Edi Sujatmiko,

Sedangkan rombongan Dekranasda Lampung Selatan, juga Kepala Dinas Perindag Luthfi Ari Kurniawan RI, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Aryantoni, Kepala Bagian Perekonomian Marlena, Ketua DWP Yani Thamrin.

Diketahui, usai melakukan kunjungannya ke tempat pembuatan kain Tenun Troso di Desa Troso Kabupaten Jepara itu,
kedua ketua Dekranasda saling tukar Cinderamata. (Red)

Berita Terkait

Baca Juga