Kades Karang Sari Pertanyakan PPH PPN JTTS Untuk Desa

INFODESA, NASIONAL136 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Kepala Desa Karang Sari, Kecamatan Jatiagung, Lampung Selatan, Romsi, pertanyakan terkait penerimaan Pajak Penghasilan (PPh) dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) Untuk Desa.

Hal tersebut disampaikan pada saat Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (MusrenbangDesa) yang dipusatkan di Aula Kantor desa setempat, Selasa (13/10/2020)

Dalam Kesempatan tersebut turut hadir Sekertaris Kecamatan (Sekcam) Jatiagung, Kurnia Oktaviani, Pendamping Kecamatan Jati Agung dan Pendamping Lokal Desa, Babinsa Anggota Koramil 421-09/Tjb, Bhabinkabtibmas dan BPD, perangkat desa serta sejumlah perwakilan masyarakat desa setempat.

Menurut Romsi, Pembangunan JTTS yang melintasi Kecamatan Jatiagung dan membelah desa itu memberikan tambahan penerimaan pajak sebesar 13 milyar.
“Penerimaan tersebut berasal dari Pajak Penghasilan (PPh) dan Pajak Pertambahan Nilai (PPN)”.ujar dia.

Dikatakan, “Keberadaan Jalan Tol Trans Sumatera yang memberikan tambahan bagi penerimaan Asli Daerah (PAD) yang diberikan oleh pihak pengelola jalan tol kepada Pemerintah Daerah dalam hal ini Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Lampung Selatan.
“Seharusnya Pemerintah Kecamatan maupun desa mendapatkan kompensasi dari bagi hasil PPh dan PPN yang diterimanya.”kata Romsi.

“Penerimaan sebesar Rp. 13 milyar dari PPh dan PPN Jalan Tol Trans Sumatera. yang diterima oleh Pemda dalam hal ini BPKAD Lampung Selatan, seharusnya pihak Kecematan dan desa mendapat persentasinya dari dana bagi hasil.

“Kami Pemerintah Desa Karang Sari meminta kepada Pemerintah Daerah melalui Badan Pengelola Keuangan Dan Aset Daerah ( BPKAD) Lampung Selatan, dapat memberikan dana bagi hasil dari PPh dan PPN, kepada Desa Desa
yang di lintasi Jalan Tol.” pungkas Romsi.

Sementara itu Sekcam Jatiagung Kurnia Oktaviani, mengatakan pihaknya akan mempertanyakan terkait permasalahan tersebut. “Kita akan mencari tau dulu terkait apa yang disampaikan oleh Kepala Desa tadi,”kata dia saat dimintai keterangan Infodesanews.com, usai menghadiri acara MusrenbangDesa. (Ronald)

Berita Terkait

Baca Juga