Kandungan Daun Kelor Menurunkan Kadar Gula Darah

NASIONAL584 Dilihat

BLORA, INFODESANEWS | Daun Kelor yang memiliki nama ilmiah Moringa oleifera, Daun moringa oleifera merupakan salah satu tanaman herbal yang terbukti efektif menurunkan gula darah tubuh.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari daun kelor, Berbagai cara dapat anda lakukan salah satunya dengan mengonsumsi teh daun kelor. Artikel ini akan berisi manfaat daun kelor dalam menurunkan kadar gula darah

Pada dasarnya, kandungan nutrisi dari daun kelor memiliki beragam manfaat dan khasiat bagi tubuh. Daun kelor mengandung 49 antioksidan yang terdiri dari 18 asam amino. 8 di antara asam amino itu sangat  tubuh butuhkan dalam pembangunan sel-sel baru.

Bahkan di setiap 100 gram daun kelor terdapat kandungan kalsium 4 kali lipat dari kalsium dalam susu. Serta  vitamin C yang setara 7 kali vitamin C pada buah jeruk dan bahkan 4 kali vitamin A dari wortel. Selain itu daun kelor juga mengandung 3 kali kalium dalam pisang, dan 2 kali protein dalam sebutir telur.

Kandungannya yang luar biasa inilah yang membuat tanaman moringa oleifera ini terkenal sebagai superfood. Namun, jika daun kelor melalui pemrosesan yang salah, bisa-bisa khasiat tersebut malah hilang. Karenanya Mari kita bahas satu persatu cara pengolahan daun kelor supaya mendapat manfaat yang maksimal.

Gula Darah dan Diabetes

Normalnya darah manusia memiliki gula sebesar  4,4 hingga 7,2 milimol per liter (mmol/L) atau 80 hingga 130 miligram per desiliter (mg/dL) sebelum makan. Namun orang dengan penyakit  diabetes memiliki gejala jumlah gula dalam darah melebihi angka normal. Kabar buruknya, penyakit diabetes sulit sembuh. Namun kabar baiknya komplikasi penyakit diabetes dapat anda hindari dengan mengontrol kadar gula dalam darah.

Dari waktu ke waktu ketidaknormalan kadar gula dalam darah dapat menyebabkan komplikasi gangguan medis berbahaya. Komplikasi penyakit  bagi seorang penderita diabetes dapat sangat bervariasi. Misalnya gangguan penglihatan, hati, hingga serangan jantung. Salah satu pengobatan herbal yang populer adalah dengan mengonsumsi teh daun kelor.

Teh Daun Kelor Menurunkan Gula Darah

Untuk mencari nilai efektifitas daun kelor terhadap gula darah banyak peneliti melakukan banyak riset. Pertama tahap persiapan, daun kelor mengalami proses pengeringan dengan cara yang tepat supaya tidak kehilangan kandungan nutrisinya. yakni dengan anda gantung secara terbalik pada sebuah ruangan tertutup berventilasi selama tiga hari hingga menguning dan kering sempurna.

Daun kelor memiliki aroma menyengat sehingga  perlu resep penyeduhan yang tepat sehingga teh daun kelor tersaji dengan nikmat. Pertama, peneliti mencari resep penyeduhan daun kelor terbaik. Berdasarkan panelis, resep terbaik untuk menyeduh daun kelor dengan mencampur 3 gram daun kelor kering dalam 200 ml air panas bersuhu sekitar 90 derajat celcius menghasilkan teh kelor yang paling enak. Hasil seduhan teh daun kelor ini mengandung EGCG 114.37 mg. yang berfungsi memberi efek antioksidan dan antiradang bagi tubuh.

Kemudian peneliti menguji kadar hedonic teh, serta analisis kadar EGCG minuman teh daun kelor. Penelitian utama merupakan uji klinis yang melibatkan 10 subjek dewasa sehat yang dipilih berdasarkan kriteria inklusi. Hasil penelitian pendahuluan menunjukkan bahwa teh daun kelor mengandung EGCG (epigallocatechin-3-gallate) sebesar 114.37 mg.

Terdapat dua perlakuan dalam penelitian, yaitu minum teh setelah makan dan minum teh sebelum makan. Hasilnya menyatakan untuk waktu pengonsumsian teh daun kelor baik untuk sebelum maupun sesudah makan tidak menunjukkan perbedaan signifikan.

Secara umum pengonsumsian teh daun kelor,  dapat menurunkan nilai Area Under Curve (AUC) dan glucose score pada subjek dewasa yang sehat.

Hasil analisis uji lanjut pada AUC menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang nyata pada luas AUC kelompok kontrol  pertama dan kedua. Hasil uji lanjut Tukey menunjukkan bahwa nilai glukosa kelompok perlakuan minum teh setelah glukosa tidak berbeda nyata namun lebih rendah daripada nilai glukosa kelompok kontrol (p>0.05).

Konsumsi teh daun kelor juga dapat mempengaruhi metabolisme glukosa dengan menghambat pengambilan glukosa oleh EGCG yang berinteraksi dengan tubuh di lumen usus halus dan bersifat insulinomimetic, serta menghambat glukoneogenesis hepatik.

Daun Kelor Dan Gula Darah

Intinya, pemberian minum teh daun kelor dapat menghambat pengambilan glukosa dari makanan terhadap tubuh sehingga menjaga nilai gula darah dalam batas tertentu dalam tubuh.

Hal tersebut karena Daun kelor dapat mensupport tingkat normal dari glukosa dalam darah karena kandungan 46 antioxidan yang dapat menutrisi imun sistem. Hasilnya kemudian menunjukkan bagaimana daun kelor sebagai salah satu cara menurunkan gula darah yang terbukti efektif.

Pada tahap ini kita sampai pada kesimpulan bahwa daun kelor terbukti efektif sebagai cara menurunkan gula darah. Cara pengonsumsian daun kelor terdapat beragam cara yakni  sebagai lalapan, sebagai sayur, menjadi permen jelly, serta sebagai teh daun kelor.

Keempatnya merupakan cara yang tepat asal dalam cara pengolahannya menjaga kandungan nutrisi asam amino dan antioksidan di dalam daun kelor. Meski begitu uji terhadap teh daun kelor menunjukkan hasil  yang sangat baik. Karenanya sangat baik jika anda rutin mengonsumsi daun kelor setiap hari.

Namun jika anda merasa kesulitan untuk mengolah daun kelor dengan cara yag tepat, Toko Online Kelor ini dapat menjadi jawaban anda untuk mendapatkan manfaat dari daun kelor dalam waktu dan cara yang efektif.

Produk yang di produksi oleh Kelorina ini 100 % berasal dari daun kelor tanpa tangkai dan ranting, yang berhasil dibudidayakan secara organik dan telah melalui proses dengan benar, memperhatikan kebersihan dan keamanan pangan.

“Kami selalu merujuk pada hasil-hasil penelitian lembaga-lembaga yang kredibel, tentang pengolahan daun Kelor yang dapat mempertahankan kandungan nutrisi di dalam daun.”

Produk utama kelorina adalah Daun Kelor Kering Premium tanpa tangkai daun yang telah melalui pengeringan alami dalam suhu ruang yang terjaga, bukan pengering oven atau sinar matahari langsung. Daun Kelor Kering tersebut kemudian kami olah menjadi produk turunan seperti Serbuk Daun “Premium” dan “Royal Moringa”, Teh Herbal Kelorina, Teh Celup Kelorina Green Tea dan Kapsul Kelorina.

Jaga gula darah anda di angka normal dengan rutin mengonsumsi daun kelor dan menerapkan pola hidup sehat. Salam Sehat.

Sumber : Pusat Informasi Budidaya Kelor Indonesia / https://kelorina.com dan https://kelorpedia.com

Berita Terkait

Baca Juga