Kantor Pertanahan Kota Depok Luncurkan Program Pelataran, Masyarakat Langsung Antri

NASIONAL256 Dilihat

DEPOK, INFODESANEWS – Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN), resmi luncurkan ‘Program Pelayanan Tanah Akhir Pekan’ (Pelataran).

Pelataran adalah program pelayanan pertanahan yang dibuka pada Sabtu dan Minggu, tujuannya yakni untuk memudahkan masyarakat yang tidak dapat mengurus tanah karena sibuk bekerja. Program tersebut merupakan gagasan dari Hadi Tjahjanto, Menteri ATR/BPN.

“Dari sekian pemohon, langsung datang dan melakukan pendaftaran serta pengambilan di Kantor pertanahan Kota Depok tiap hari Sabtu dan Minggu,” kata Kepala Kantor Pertanahan Kota Depok, Setyo Anggraini, mengawali bincang-bincangnya dengan awak media, Jumat (02/09/22).

Menurutnya, layanan Pelataran itu dibuka pada Sabtu-Minggu dimulai pukul 08.00 hingga 12.00 siang. Dan program Pelataran banyak dimanfaatkan masyarakat yang sibuk bekerja di akhir pekan.

“Hal ini dilaksanakan bagi masyarakat yang sibuk bekerja, tidak mampu untuk mengurus di hari kerja, maka dari itu diberikan waktu free di hari Sabtu dan Minggu,” ucapnya.

Masih kata Anggraini, tentu dalam upaya meningkatkan pelayanan, serta lebih mendekatkan kepada masyarakat.

“Terbukti pelayanan kantor pertanahan saat dibuka di hari Sabtu dan Minggu, banyak masyarakat yang mendatangi,” tambahnya.

Pelayanan akhir pekan ini sudah berjalan selama tiga bulan, dan minat masyarakat pada hari Sabtu-Minggu semakin banyak.

Lebih lanjut, Anggraini menerangkan Program Pelataran ini dikhususkan bagi masyarakat yang ingin mengurus sendiri sertifikatnya di kantor pertanahan atau tanpa perantara (Non Kuasa – Red).

“Kami berharap masyarakat bisa datang langsung ke kantor BPN untuk mengurus sendiri tanahnya tanpa perantara”, paparnya.

Berita Terkait

Baca Juga