Kapal Rakyat Diterima Bupati, Program Hibah Kementerian Perhubungan

INFODESA24 Dilihat

LUWU UTARA(SULSEL), INFODESANEWS – Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani didampingi Kepala Dinas Perhubungan Hakim Bukara, mene Kapal Rakyat seharga Rp. 2,5 Milyar dari Kementerian Perhubungan melalui program hibah dari Dirjen Perhubungan Laut, Agus H Purnomo di Grand Hotel Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Jumat(11/10).

Penyerahan Kapal Rakyat untuk penumpang dari Hibah Kemenhub RI ini, panjang kapal 30 meter, lebar 3 meter dan berkapasitas 40 orang denfan kecepatan 8-9 knots.

” Kapal ini pula dilengkapi Sistem Sonar, GPS, Kompas, AC dan sejumlah peralatan lainnya,” terang Agus Purnomo, seraya menambahkan ada 36 Pemerintah Kabupaten di Indonesia yang menerima hibah kapal rakyat dari Kemenhub RI.

Sementara Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani berterimakasih kepada Kemenhub terutama pada Dirjen Perhubungan laut atas hibah kapal ini. ” Dengan adanta kapal rakyat ini dapat membantu mobilitas masyarakat dipesisir pantai,” ucap Indah melalui Kabag Humas Protokoler Syahruddin.

Kapal rakyat ini juga akan mengangkut barang-barang masyarakat, apalagi kita segera mengoperasikan pelabuhan Munte di Kecamatan Tana Lili.

“Faktor keamanan adalah yang penting harus diperhatikan pada pelayaran. Selain itu saya juga minta kapal tersebut jangan sampai menaikkan penumpang melebihi kapasitas kapal,” ujar Bupati Lutra.

Pemda melalui Dinas Perhubungan akan terus melakukan monitoring demi menjaga keselamatan penumpang, bila sudah dioperasikan dan lengkapi alat pelampung sesuai jumlah penumpang dan memuat penumpang melebihi kapasitas kapal. Ini padahal sangat penting, sebab jika sewaktu-waktu ada peristiwa yang tidak diinginkan tentu akan menyengsarakan penumpang.

“Kecelakaan laut sering terjadi karena keteledoran maupun ketidak pedulian terhadap faktor keselamatan.Penumpang maupun awak kapal kerap menyepelekan daya tampung maksimal kapal,” pesan Indah Putri Indriani.(yustus)