Kapolres Pati Buka Pelatihan Pemuda Mitra Kamtibmas

INFODESA54 Dilihat

PATI, Infodesanews.com – Dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang aman dan kondusif, tidak cukup hanya dengan kegiatan yang dilakukan oleh Polisi saja melainkan membutuhkan dukungan yang nyata dari masyarakat. Hal ini disadari sepenuhnya oleh Polres Pati. Untuk itu, Polisi berusaha menjaring partisipasi aktif dari masyarakat dengan membentuk Mitra Kamtibmas.

Rabu Siang (06/09/2017), Polres Pati melaksanakan pelatihan pemuda Mitra Kamtibmas yang bertempat di Gedung Mantap Brata Polres Pati dengan diikuti 75 peserta dari perwakilan Polsek Jajaran, dan di Buka oleh Kapolres Pati AKBP Maulana Hamdan, S.I.K.

Kapolres Pati dalam pembukaan  Pelatihan Pemuda Mitra Kamtibmas menyampaikan “Kami menyadari betapa besar peran masyarakat dalam penciptaan situasi kamtibmas yang kondusif. Untuk itu kami menjadikan masyarakat bukan hanya sebagai obyek kamtibmas. Namun juga sebagai Subyek yang turut menciptakan situasi kamtibmas terutama banser yang dalam tugasnya sebagian adalah tugas Polri serta menempatkan kita semua sebagai agen perubahan jika mau negara kita berubah. Salah satu cara yang kita laksanakan adalah dengan menjaring dan menciptakan mitra kamtibmas dari masyarakat”.

Kasat Binmas AKP Supriyanto, S.H, M.H mengatakan dalam materinya bahwa Selain dilaksanakan oleh Polsek yang merupakan ujung tombak pelayanan polri, Polres melalui masing-masing satuan tugas juga melaksanakan. Sebagai contoh, baru-baru ini Sat Binmas melaksanakan penyuluhan tentang anti narkoba dan penanggulangan kenakalan remaja bersama dengan instansi terkait. Selain itu, Sat Binmas melalui Unit Binkamsa juga secara aktif dan periodik melaksanakan penyuluhan serta pelatihan kepada anggota pengamanan swakarsa seperti linmas dan banser seperti sekarang ini.

“Kepada para Kader pemuda mitra Kamtibmas agar ikut menjaga Keamanan dan ketertiban dengan tidak mudah terprovokasi kejahatan yang dimulai dari Medsos, dan ikut membrantas minuman keras,penyalah gunaan Narkoba, Kekerasan Dalam Rumah Tangga,kejahatan sexual terhadap anak “.pungkasnya.