Ketua GNPK Kabupaten Blora, Kritisi Kinerja Pendamping Desa di Blora.

INFODESA156 Dilihat

BLORA, INFODESANEWS – Ketua GNPK Kabupaten Blora, meyambangi kantor Pendamping Desa kabupaten  dan mengkritisi Kinerja Pendamping Desa di Blora yang di pandang kurun waktu ini tidak maksimal seperti yang di harapkan masyarakat.

Hal itu di lontarkan Ketua GNPK ( Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi ) Kabupaten Blora Edy Yulianto SE kepada Infodesanews terkait kurang maksimalnya kinerja pendamping desa dalam melakukan pengawasan, pengendalian dan pembinaan di kabupaten Blora.

“ Penurunan kinerja pendamping desa mengakibatkan sejumlah desa dalam melaksankan dana Desa tidak maksimal, dengan diindikasikan sejumlah permasalahan kepala desa berhadapan dengan penegakan Hukum,” ujarnya.

Lebih lanjut Edy Yulianto mengharapkan  dengan adanya pendampingan desa dapat meningkatkan kapasitas, efektifitas dan akuntabilitas Pemerintahan Desa dan Pembangunan Desa sehingga dapat meningkatkan prakarsa, kesadaran dan partisipasi masyarakat desa dalam pembangunan

“ Namun kenyataannya di desa masih banyak di jumpai pendamping desa justru menjadi takut dan mengikuti kehendak kepala desa,” ujarnya.

“Saatnyalah sebagai pendamping Desa memberikan pengawasan, pengendalian dan pembinaan sehingga dapat meminilisir kebocoran – kebocoran dana desa di wilayahnya,” tegasnya.

Senada dengan itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Blora, Hariyanto, S.IP, M.Si, di ruang kerjanya juga mengeluhkan kinerja pendamping desa mulai menurun sehingga dari pantauan kepala Dinas tidak maksimal hasilnya.

“ Secara pribadi saya berterima kasih kepada GNPK Blora telah memberikan pemikirannya untuk kembali memberikan motifasi kepada kami agar melakukan pembenahan  kinerja pendamping desa kembali maksimal lagi,” ujarnya.

Perlu di ketahui adapun di Wilayah Kabupaten Blora terdapat Tenaga Pendamping sejumlah 123 orang, yang terdiri dari Pendamping Desa Teknik (PDTI) sebanyak 16 orang, Pendamping Pemberdayaan (PDP) berjumlah 32 orang, Pendamping Lokal Desa (PLD) sebanyak 67 orang,Tenaga Ahli (TA) ada 6 orang; dan Operator Komputer (Opkom) berjumlah 2 orang.*** Tim

Berita Terkait

Baca Juga