Ketua Tim Monev Program Dana Desa Kecamatan Sidomulyo: Pembangunan Jalan Rabat Beton Di Desa Suak Sesuai Dengan Volume dan Anggaran

INFODESA417 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Tim pengawas dan evaluasi pembangunan Desa di Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan, melakukan pengecekan langsung ke lokasi pembangunan Jalan Rabat Beton di Dusun Tanjung Baru Desa Suak Kecamatan setempat. Senin (27/9/2022)

Pengecekan pembangunan tersebut dipimpin langsung oleh camat Sidomulyo Erman Suheri selaku Ketua Tim Monitoring dan Evaluasi Program Dana Desa.

Hal tersebut dilakukan terkait adanya sebuah pemberitaan yang kurang sedap, sehingga Tim pengawas dan evaluasi pembangunan Kecamatan Sidomulyo turun langsung untuk memastikan kebenarannya.

Dalam pemberitaan di salah satu media online, menyebutkan pengerjaan rabat Beton di Dusun Tanjung Baru Desa Suak,yang dianggarkan melalui Dana Desa (DD) dengan menelan biaya sekitar Rp. 62.685.000 diduga menjadi syarat korupsi.

Berdasarkan plank proyek yang dipajang di sekitar lokasi tertulis pembangunan jalan rabat beton itu panjangnya 150 dengan ukuran volume 2,5 x 0,15 meter.

Namun yang direalisasikan oleh pihak Desa hanya separuh, yaitu 75 meter.

Menanggapi hal tersebut Ketua Tim Monitoring dan Evaluasi Program Dana Desa Kecamatan Sidomulyo, Erman Suheri mengatakan. “Apa yang ada didalam sebuah pemberitaan salah satu media online, yang menyebutkan, bahwa pembangunan Jalan Rabat Beton di Dusun Tanjung Baru Desa Suak itu syarat korupsi karena pembangunannya hanya direalisasikan 75 meter yang seharusnya 150 meter.

“Ternyata pembangunan tersebut terdapat di dua titik yang masih satu jalur dengan ukuran panjang masing-masing 75 dan 80 meter. Jadi total panjang Jalan tersebut 155 meter, artinya malah lebih dari yang seharusnya dan tidak fiktif dan ada pembangunan fisiknya. Jadi apa yang ada dalam pemberitaan di salah satu media online itu tidak benar.”kata dia pada infodesanews.com.

Hal tersebut dikatakan saat melakukan monitoring dan evaluasi program Dana Desa berupa pembangunan Jalan Rabat Beton di Dusun Tanjung Baru Desa Suak yang mengunakan Dana Desa (DD) Tahap II tahun 2021. Ketua Apdesi Kecamatan Sidomulyo, Masri Effendi, Sekertaris Apdesi, Siadiantori, Kasi Ekobang Kecamatan Sidomulyo, Wayan Santie, Kepala Desa Suak Juli Wahyudin dan Ketu TPK Desa setempat Nur Sahid.

Ditegaskan bahwa kegiatan pembangunan berupa Jalan Rabat Beton sepanjang 150 meter yang terletak di Dusun Tanjung Baru Desa Suak Kecamatan Sidomulyo dengan mengunakan Dana Desa tahap ke II tahun 2021, sesuai dengan RAB dan sesuai dengan apa yang tercantum pada papan kegiatan.

“Saya berharap kepada rekan-rekan untuk mengkroscek dulu kelapangan sebelum membuat pemberitaan, agar berita yang suguhkan benar dan sesuai dengan apa yang ada di lapangan.”pungkasnya.

Berikut Berita acara hasil monitoring.
(Red)

Berita Terkait

Baca Juga