KKN UPGRIS Gelar Sosialisasi Media Digital Sebagai Taman Bermain Anak

INFODESA, PENDIDIKAN127 Dilihat
Demak, Infodesanews.com – Di era globalisasi saat ini kebanyakan remaja atau anak-anak yang sedang berkembang, salah menggunakan media sosial. Penggunaan media sosial saat ini dirasa susah untuk dikontrol secara langsung oleh para orang tua, diantaranya karena mudahnya akses yang di dapat dari internet, dan bisa saja itu berpengaruh ketindak kejahatan jika para orang tua tidak benar-benar memperhatikan anak-anaknya dalam menjalankan media sosial.
Berdasarkan survey yang dilakukan oleh beberapa mahasiswa KKN UPGRIS di daerah Mranggen, Demak, banyak anak yang mulai berkembang dari berbagai usia sudah menggunakan media sosial lewat smartphone.
“Kebetulan survey yang kita lakukan di wilayah Mranggen ini, untuk masalah perkembangan teknologi, sudah banyak anak-anak yang memakai media sosial, jadi agar mereka tidak salah kaprah menggunakan media sosial, harus ada pendampingan orang tua”, kata Irvana ketua panitia saat di temui infodesanews.com Jumat, (23/2/218).
Inilah yang mendasari para mahasiswa KKN UPGRIS untuk menggelar kegiatan sosialisasi  yang dilakukan di Balai Desa Kelurahan Mranggen, Demak.
Kegiatan tersebut menarik kehadiran warga untuk ikut dalam sosialisasi yang di adakan KKN UPGRIS. Ada sekitar kurang lebih 70 orang yang berasal dari warga Kelurahan Mranggen Demak,  diantaranya ibu PKK, Ketua RW, Perangkat Desa dan Karang Taruna.
“Menurur saya, sosialisasi ini sangat bermanfaat sekali, sekarang sudah era moderen dengan dunia digital, dan memang benar kita sebagai orang tua harus tetap memantau anak kita saat mereka bermain media sosial” jelas Ibu Rahayu, salah satu warga yang menjadi peserta dalam sosialisasi tersebut saat dimintai keterangan oleh infodesanews.com .
Acara yang berlangsung mulai pukul 15.30 WIB dan berakhir pukul 17.00 WIB tersebut dibuka dengan sambutan dari ketua panitia Irvana Ahmad Muzzamil dan Kepala Desa Kelurahan Mranggen, Bapak H. Kemat Arifin, S.Pd.
Sosialisasi tersebut juga dihadiri oleh dosen UPGRIS Eka Sari Setianingsih, S.Pd., M.Pd sebagai narasumber di bidang bimbingan dan konseling. Dengan mengangkat tema “Sosialisasi media digital sebagai taman bermain anak melalui pendampingan bimbingan dan konseling” mengajak para orang tua untuk lebih memberikan pengawasan terhadap anak tentang penggunaan media sosial.
Selain memberikan banyak manfaat, diantaranya media sosial juga memberikan sumber informasi, membangun kreatifitas, mendorong pertumbuhan usaha dan memperbaiki layanan publik media sosial juga memberikan dampak negatif bagi perkembangan anak diantaranya kecanduan, gangguan tidur, mengganggu pertumbuhan dan lambat memahami pelajaran jika peran serta orang tua tidak ada didalamnya.

Berita Terkait

Baca Juga