Kodim 0805/Ngaw Menggandeng Distan Ngawi Berikan Pemahaman Tentang Holtikutura

INFODESA33 Dilihat
Ngawi, Infodesanews.com – Kegiatan non fisik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-100 di Kecamatan Karanganyar, Ngawi. Kodim 0805/Ngawi untuk yang ke 3 kalinya, kembali menggelar penyuluhan pertanian, perkebunan serta holtikutura yang diikuti oleh sekitar 70 orang warga Masyarakat. Kalau penyuluhan yang ke dua diadakan di balai desa Karanganyar untuk kali ini, penyuluhan pertanian yang ke tiga diadakan di Balai Desa  Mengger, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Ngawi. Sabtu malam, (14/10/17).
 
Dalam kegiatan tersebut, Kodim 0805/Ngawi kembali mengundang Kepala Seksi Perlindungan Tanaman Pangan (Kasi Perlintan) Dinas Pertanian Kabupaten Ngawi, Kastam S.P. yang menularkan ilmunya tentang tanaman pangan dan holtikura kepada warga masyarakat Desa Mengger melalui giat penyuluhan tersebut.
 
Kastam mengungkapkan, Petani hortikultura sudah banyak menerapkan budidaya organik, maka produknya dapat berdaya saing di dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini dapat dilihat banyaknya produk hortikultura yang dijual di pasar swalayan/supermarket dan diekspor ke luar negeri.
” Melalui penyuluhan ini, Kastam memberikan gambaran yang gamblang kepada peserta penyuluhan tentang produk dan cara pengembangan tanaman holtikutura.” ungkapnya.
 
Selain untuk mewujudkan peningkatan kapasitas sumber daya manusia para petani perlu diberikan penyuluhan-penyuluhan salah satunya terkait penggunaan obat dan pupuk untuk pertanian serta teknologi tepat guna untuk pertanian.
” Dengan begitu, tingkat pengetahuan dan keterampilan para petani semakin baik dan dapat memberikan peningkatkan pula pada taraf hidup mereka,” ungkapnya.
 
lebih lanjutnya Kastam mengungkapkan, bahwa Penyuluhan pertanian seperti ini adalah sebagai upaya untuk mengubah perilaku petani dan keluarganya.
” Harapan kami agar peserta mengetahui dan mempunyai kemauan serta mampu memecahkan masalahnya sendiri dalam usaha atau kegiatan-kegiatan dalam meningkatkan hasil usahanya dan tingkat kehidupannya khususnya dalam hal tanaman Holtikutura,” imbuhnya lagi.
 
Untuk penyuluhan kali ini Kepala Seksi Perlindungan Tanaman Pangan (Kasi Perlintan) Dinas Pertanian Kabupaten Ngawi, Kastam S.P. didampingi Babinsa Posramil Kecamatan Karanganyar Serma Dani serta lurah Mengger Kadi Widodo.
 
Usai memberikan penyuluhan, Dinas pertanian Kabupaten Ngawi kembali membagikan obat semprot hama dan benih padi organik serta pupuk organik secara gratis kepada para petani desa Mengger.(wahyu/ar)