Korem 091/ASN Gelar Komsos, Bersatu Tegakkan Disiplin Lawan Covid-19

NASIONAL166 Dilihat

SAMARINDA.INFODESANEWS – Kedisiplinan dalam mematuhi protokol kesehatan menjadi keniscayaan dalam menghadapi berkembangnya wabah di suatu wilayah. Semakin disiplin protokol kesehatan dipatuhi, semakin tinggi pula tingkat keberhasilan dalam mengatasi wabah tersebut. Sebaliknya, semakin rendah kedisiplinan dalam mematuhi protokol kesehatan, akan semakin rendah pula keberhasilan dalam mengatasi wabah yang sama.

Prinsip kedisiplinan yang sama juga berlaku dalam menghadapi pandemi virus korona atau covid-19, ini membuat Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) menggelar Komunikasi sosial (Komsos) silaturahmi keluarga besar Korem 091/ASN dengan keluarga besar TNI di Provinsi Kaltim dengan tema “Bersatu menegakkan disiplin masyarakat guna memutus rantai Covid-19”, bertempat di Hall Makorem 091/ASN Samarinda, Jum’at (25/9/2020).


Dalam sambutan Danrem 091/ASN Brigjen TNI Cahyo Suryo Putro, S.I.P. M.Si mengatakan “Perlu diketahui bersama bahwa saat ini negara kita dalam masa tanggap darurat bencana virus corona atau covid- 19, kita menghadapinya dengan sikap tenang dan sabar, karena virus ini melanda di seluruh negara bukan cuma di Indonesia”.

“Saat ini di beberapa daerah sudah new normal, dengan pemberlakuan protokol new normal ini, pemerintah ingin kegiatan ekonomi kembali bergerak namun protokol kesehatan tetap 5 dilaksanakan guna mencegah penularan virus Corona. Dalam menjamin tujuan tersebut, jajaran TNI dan Keluarga Besar TNI selalu siap siaga melakukan pantauan di lapangan”, jelasnya.

“Tujuannya, memastikan masyarakat melaksanakan protokol kesehatan selama masa Pandemi. Kita ingin, TNI, dan Keluarga Besar TNI ada di setiap keramaian-keramaian untuk mendisiplinkan masyarakat, guna mengikuti protokol kesehatan yang berkaitan dengan pemakaian masker, jaga jarak dan menghindari orang yang berkerumun atau orang yang berdesakan, 6 Istilah new normal saat ini sangat mudah ditemui masyarakat dalam berbagai platform media”, pintanya.

“Masyarakat diharapkan mengikuti aturan tersebut dengan selalu menerapkan protokol kesehatan. New normal adalah langkah percepatan penanganan COVID-19 dalam bidang kesehatan, sosial, dan ekonomi. 7 Dalam penerapan protokol tersebut, daerah Kaltim harus mampu mengendalikan penularan Covid-19 setelah menerapkan new normal”, tegasnya.

Danrem juga mengajak, “Pengendalian ini juga harus bisa dilakukan di tempat yang memiliki kerentanan tinggi missal panti jompo, fasilitas kesehatan mental dan wilayah yang padat penduduknya. Langkah-langkah pencegahan di tempat kerja mulai ditetapkan seperti jarak fisik, fasilitas mencuci tangan, pemeriksaan suhu tubuh dan pemakaian masker.Saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menegakkan disiplin guna memutus rantai covid-19”.

Kegiatan Komsos yang dilakukan diakui tetap memperhatikan Protokol Kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah di tengah Pandemi Corona COVID-19, seperti sebelum masuk ruangan mencuci tangan di air mengalir dengan menggunakan sabun anti septik, pemeriksaan suhu badan, menjaga jarak  dan tidak lupa tetap menggunakan masker selama penyelenggaraan kegiatan.

Penulis Murdi

Berita Terkait

Baca Juga