Korem 091/ASN Sembelih Sebanyak 17 Ekor Hewan Kurban, Idhul Adha 1443 H

SAMARINDA.INFODESANEWS – Pada bulan Dzulhijjah, terdapat banyak ragam ibadah yang dianjurkan untuk dikerjakan oleh seluruh kaum muslim, mulai dari puasa yang dimulai dari tanggal 1 hingga 9, melakukan shalat Idul Adha, melakukan ibadah kurban dan lainnya.

Khusus mengenai ibadah kurban, seluruh kaum muslimin dianjurkan untuk berkurban di hari Idul Adha atau hari-hari Tasyriq jika mereka mampu.

Hal ini yang di lakukan Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) menyebelih hewan kurban sebanyak 17 ekor sapi. Danrem 091/ASN, Brigjen TNI Dendi Suryadi, SH, MH, menyerahkan secara simbolis hewan kurban kepada Ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Korem 091/ASN yang diterima Kabintal Korem 091/ASN, Kapten Inf. Utama. Minggu (10/7/2022).

Dalam sambutannya, Danrem 091/ASN, Brigjen TNI Dendi Suryadi, SH, MH, mengatakan, pelaksanaan pemotongan hewan kurban ini merupakan suatu bentuk ibadah yang berhubungan langsung dengan sang pencipta, di mana Allah SWT hanya menuntut keteguhan hati dan tingkat keimanan yang tinggi dari hambanya dalam menjalankan perintahnya.

“Karena Allah Subhanahu Wataala tidak membutuhkan sesuatu apapun dari ummat manusia, oleh karenanya penekanan yang terpenting justru kepada aspek horisontal atau hablumminannas, yang pada hakekatnya adalah untuk kebaikan ummat manusia itu sendiri,” jelasnya.

Ibadah qurban yang diselenggarakan pada setiap tahun, lanjutnya, diharapkan akan menjadi sumber kekuatan bagi setiap mukmin untuk membangun kualitas dalam kehidupan sosial di tengah masyarakat.

“Ibadah qurban ini sekaligus juga mengisyaratkan bentuk keikhlasan dalam membantu kesulitan bagi sesama, yang pada akhirnya kita semua akan memiliki sikap rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara, di atas kepentingan pribadi maupun kelompok,” tandasnya.

“Satu ekor sapi ini juga akan di serahkan ke Mesjid Almusyawarah Samarinda dan satu ekor sapi diserahkandi Mushola Miftahul Huda Gg. Soponyono Samarinda”, katanya.

Selanjutnya, daging kurban dibagikan kepada mustahaq di sekitar Korem 091/ASN, yatim piatu, Warakawuri, veteran, pondok pesantren dan panti asuhan yang ada di Kota Samarinda.(Mur)*

Berita Terkait

Baca Juga