Kostum Unik Nefanda Mega Andriansyah Karnaval Blora, Menyita Perhatian Banyak Mata

BLORA, INFODESANEWS | Ada yang unik pada Karnaval (Blora Street Carnival) dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia (HUT ke-78 RI) kategori  PAUD/TK, SD dan SMP di Kabupaten Blora berlangsung meriah, Minggu (27/8/2023).

Dok. Penampilan Nefanda Mega Andriansyah sibuk melayani penonton,  mengajak berfoto bersama, minggu, 27/08/23.

Puluhan peserta dari PAUD/TK, SD dan SMP berlomba mempertunjukkan kreasinya masing-masing di sepanjang rute yang telah ditetapkan, yakni start Jalan Pemuda (depan kantor Bupati Blora) hingga Jalan A. Yani (depan Gedung DPRD Blora).

Salah satu sekian peserta bernama Nefanda Mega Andriansyah SMP 2 Blora kelas 7i bernomor c8 menggunakan kostum yang sangat unik dengan mengusung kesenian barongan komplit dengan jaran kepang.

Tak hayal penampilan aanda yang merupakan Putra dari Subekti Budi Anggara yang merupakan anggota polres blora menjadi perhatian dari penonton yang berjajar mulai dari rute yang telah ditetapkan, yakni start Jalan Pemuda (depan kantor Bupati Blora) hingga Jalan A. Yani (depan Gedung DPRD Blora).

Pada kesempatan itu kepada Media Infodesanews Subekti Budi Anggara mengungkapkan bahwa penampilan unik ini merupakan Gabungan dari kesenian barongan yang merupakan kesenian merakyat dari kabupaten Blora.

“Ide dari Pakaian Karnaval ini, merupakan bentuk kecintaan kami pada kesenian barongan yang terus berkembang sampai manca Negara,” ungkapnya singkat.

Pawai yang sebagian besar menampilkan replika keberagaman busana daerah dari Sabang hingga Merauke, menjadikan anak-anak itu tampak imut memakai pakaian adat sembari melambaikan tangan kepada para tamu undangan yang duduk di panggung kehormatan serta penonton yang berjubel.

Salah satu penonton bernama Anisa yang berkesempatan berselfi, mengungkapkan kekagumannya tgerhadap penampilan Nefanda Mega Andriansyah.

“ Dari sekian peserta saya kagum terhadap kostum yang di gunakan ananda, sehingga dengan bangga kami mengabadikan kostum deng berselfi,” ujarnya

Tidak hanya pakaian adat saja, pawai dari SD dan SMP juga menampilkan tampilan kesenian lainnya seperti nuansa barongan, wayang, hadroh, drumband, batik carnival, aneka replika, hingga beraneka tari kreasi tradisional. Khusus PAUD/TK dalam mengikuti pawai diperkenankan menggunakan kendaraan bak terbuka. Sedangkan untuk SD dan SMP diharuskan berjalan kaki.

Peserta diberangkatkan langsung oleh Bupati Blora H. Arief Rohman, SIP., M.Si., didampingi Forkopimda Blora dengan ditandai pelepasan balon udara dan pengibaran bendera start.

“Masyarakat Blora, keren,” ucap Bupati Blora yang akrab disapa Mas Arief.

Peserta Pawai Pembangunan Kategori SMP ada 10 peserta. Terdiri, SMP N 1 JEPON, SMP N 7 BLORA, SMP N 4 BLORA, SMP N 5 BLORA, SMP N 1 TUNJUNGAN, SMP N 1 BLORA, SMP INSAN GEMILANG, SMP N 2 BLORA, SMP N 6 BLORA, SMP 3 BLORA.

Dan arak-arakan peserta karnaval dikawal ketat oleh petugas Satuan Lalu Lintas Polres Blora, pengamanan di sepanjang rute yang dilalui juga dijaga oleh petugas dari TNI, Polres Blora, Sat Pol PP dan Dinrumkimhub Blora. **Red

Berita Terkait

Baca Juga