M Akyas: Pancasila Sebagai Ideologi Negara Untuk Menyatukan Bangsa Indonesia

INFODESA1273 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESNEWS — Lima butir Pancasila di gemakan para peserta sosialisasi Idiologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (IPWK) yang dipusatkan di dusun IV Desa Sumberjaya Kecamatan Jatiagung Kabupaten Lampung Selatan, Sabtu (16/9/2023) oleh Anggota DPRD Lampung Selatan M Akyas.

Anggota Komisi I DPRD Lampung Selatan itu, Pemahaman terhadap Pancasila dan Wawasan Kebangsaan saat ini sangat penting, apalagi saat ini sering terjadi aktivitas permasalahan sosial yang mengarah kepada potensi konflik, intoleransi dan lunturnya jiwa kebangsaan.

“Ada 4 Pilar yang menjadi dasar negara dan wajib diketahui oleh para generasi muda serta seluruh warga Indonesia. Diantaranya Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,” ujar Legeslatif dari Fraksi PKS Dapil V Jatiagung itu.

Dikatakan ada 6 poin nilai nilai wawasan kebangsaan yang harus dijunjung diantaranya, Menghargai harkat martabat manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang maha esa.

Mencintai tanah air serta Bangsa. Demokrasi serta kedaulatan rakyat. Tekad bersama seluruh warga negara mewujudkan Indonesia yang bebas, merdeka serta bersatu dan masyarakat yang adil dan makmur serta kesetiakawanan sosial.

“Pancasila sebagai ideologi negara untuk menyatukan bangsa Indonesia dan memperkokoh, memelihara kesatuan dan persatuan. Saat ini perkembangan teknologi semakin masif, ini salah satu potensi dan ancaman bagi generasi penerus jika tidak pandai memilah dan memilih cara menggunakannya.”kata Anggota DPRD Lampung Selatan dua periode itu dalam arahannya.

Dijelaskan Penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan cara saling menghargai satu sama lain itu penting, tidak boleh memaksakan kehendak yang belum tentu diinginkan oleh orang lain atau kelompok.

“Kita tidak boleh membedakan atau mengkelompokan satu dengan lainnya, bahkan jangan sampai menghasut yang dapat menimbulkan perpecahan atau konflik dalam kelompok,”Jelas anggota DPRD Lampung Selatan Dapil Jatiagung itu.”pungkasnya.

Diketahui kegiatan sosialisasi IPWK yang dipusatkan di dusun IV Desa Sumberjaya itu dihadiri Kadus Slamet dan sejumlah para tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda serta para tamu undangan. (Red)

Berita Terkait

Baca Juga