Malam Tahun Baru Hijriyah, Momentum Meningkatkan Syukur

INFODESA, NASIONAL379 Dilihat

KUDUS, INFODESANEWS – Suasana Buka Luwur Kangjeng Sunan Kudus semakin terasa. Malam tahun baru 1 Muharram dilaksanakan pengajian umum sebagai rangkaian kegiatan Buka Luwur Kangjeng Sunan Kudus. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan di musim pandemi, acara pengajian tersebut berjalan dengan baik dan penuh hidmat.

Pengajian yang dilaksanakan di serambi Masjid Al-Aqsha Menara Kudus pada Malam Kamis (19/8/2020) ini menghadirkan KH. Saifuddin Luthfi. Dalam ceramahnya, Mbah Ipud, mengingatkan untuk terus meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT.

Rasa syukur kepada Allah atas berbagai karunia dan kenikmatan yang telah Allah berikan. Kenikmatan lahir di dunia, kenikmatan dapat bernafas secara gratis, kenikmatan menikmati rasa aman dan kenikmatan-kenikmatan lain yang banyak jumlahnya. Salah satu cara untuk dapat meningkatkan rasa syukur adalah dengan meneliti serta mengetahui kenikmatan-kenikmatan tersebut. Semakin banyak mengetahui kenikmatan-kenikmatan yang dirasakan, akan semakin mudah untuk bersyukur kepada Allah. Sebaliknya semakin sedikit mengetahui kenikmatan yang diterima, semakin sulit untuk bersyukur kepada Allah.

Mbah Ipud mengingatkan, apabila kenikmatan-kenikmatan yang diterima tidak disyukuri maka, bisa jadi anugerah tersebut akan dicabut dan dihilangkang. Oleh karenanya momentum malam tahun baru hijriyah ini adalah malam yang tepat untuk meningkatkan rasa syukur kita kepada Allah SWT.

Dalam pengajian umum tersebut, pembukaan oleh H. Mc Fatchan, Iftitah bil Fatihah dipimpin oleh Ahmad Hanafi, Qira’atul Qur’an oleh Muhtarom. Acara dilanjutkan dengan pembacaan sholawat Asnawiyah oleh H. Hilal Haidar, tahlil dan do’a oleh KH. Ahmad Abdul Basith, dan terakhir mauidoh dan doa oleh KH. Saifuddin Luthfi. (MU/Masjid Menara Kudus)

Berita Terkait

Baca Juga