Menjadikan Lingkungan Sehat Tidak Bisa Ngandalkan Pihak Lain

INFODESA108 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS –Masyarakat diminta menjaga kebersihan lingkungan dan berprilaku hidup sehat dengan cara bersih bersih lingkungan. guna memutus mata rantai penyebaran virus nyamuk Aedes Aegpyti,

Hal ini di katakan UPT Dinas Kesehatan PRI Sidomulyo Dr. Rocy Jd. Sihombing saat melakukan Fogging Focus di Desa Campang Tiga Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan. Jum,at (1/2)

Menurut Rocy Fogging bukanlah satu satunya penyelesaian atau untuk mengobati, fogging hanya sebatas pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran nyamuk.

“Karena yang terpenting masyarakat harus terus menerus melakukan pemberantasan dan pembasmian sarang nyamuk dengan cara berprilaku hidup melakukan bersih bersih lingkungan, demi mencegah terjadi demam berdarah dengue. Meski dinas kesehatan melakukan langkah pencegahan penyebaran DBD dengan fogging. “ujar Rocy.

Dari catatan terdapat 15 kasus yang terserang penyakit DBD di sejumlah Desa yang tersebar di wilayah Kecamatan Sidomulyo. sejauh ini Desa Sidodadi yang paling banyak, bahkan ada juga desa yang tidak terserang sama sekali penyakit DBD.

“Secara medis sudah kami tangani. Fogging pun hasilnya kurang efektif apabila tidak ditindak lanjuti dengan gerakan 3 M.
“Mencegah lebih efektif dari pada mengobati atau memberantas,” papar Rocy.

Karena, fogging hanya membunuh nyamuk dewasa, sementara jentik-jentik dalam penampungan tidak tersentuh.

“Oleh kerena itu di butuhkan peran aktiv Kepala Desa untuk mengajak warganya ber prilaku hidup sehat dengan cara bersih bersih, karena untuk menjadikan lingkungan bersih tidak bisa mengandalkan pihak lain. “kata dia. (Sg)

Berita Terkait

Baca Juga