Nggak Bocor dan Dingin Lagi, Rutilahu 2019 Kabulkan Impian Sumini Miliki Rumah Layak Huni

NASIONAL153 Dilihat

TULUNGAGUNG, INFODESANEWS – Babinsa Desa Kutoanyar Serda Haryanto anggota Koramil 0807/01 Tulungagung Kodim Tulungagung secara simbolis menyerahkan pigura kondisi awal hingga selesai 100% program Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu) kepada warga binaannya Ibu Sumini sebagai tanda bukti bahwa rumahnya telah selesai direnovasi, Minggu (15/12/2019).

Program mewujudkan Rumah Tinggal Layak Huni (Rutilahu) bagi warga kurang mampu itu sendiri merupakan program Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Kodam V/Brawijaya melalui di Kodim-Kodim di jajarannya termasuk Kodim Tulungagung.

Kondisi kehidupan tiap individu tidaklah sama, ada yang bernasib baik berkecukupan dan memiliki rumah yang sehat dan nyaman ditempati, namun adapula yang kehidupannya perekonomiannya kurang, bahkan rumahnyapun sangat tidak layak untuk dihuni.

Ibu Sumini yang sebelumnya bekerja sebagai pembantu rumah tangga, yang harus tiap hari berangkat menempuh 2 km menuju lokasi kerjanya dengan berjalan kaki mulai dari pagi hingga menjelang petang. Kegiatan tersebut dijalaninya sudah 20 tahun, namun ia sudah tidak bekerja semenjak terkena sakit sekitar sebulan yang lalu. Hal tersebut diperparah dengan tinggal di rumah yang kurang layak.

Menurut Ibu Sumini, keberadaan bantuan Rutilahu menjadi angin segar tersendiri baginya. Ia mengungkapkan kegembiraannya atas “rumah barunya” yang dahulu kalau malam udara terasa sangat dingin karena angin masuk melalui sela sela anyaman bambu dan sering bocor saat hujan baik dari atap maupun dinding bambunya, sehingga membuat becek lantai rumah yang masih beralaskan tanah.

“Alhamdulillah mas sekarang enak, nggak dingin dan bocor lagi. Dulu pas masih gedhek (anyaman bambu) kalo malam dingin banget, apalagi kalo pas hujan. Air bisa masuk dari gedhek.” ungkap Ibu Sumini.

Wujud terima kasih Ibu Sumini hanya dapat mendoakan Gubernur Jatim dan Pangdam V/Brawijaya serta semua yang telah membantu merenovasi rumahnya dapat diberikan kesehatan, rejeki yang berlimpah dan selalu sukses menjalankan tugasnya.

“Makasih bu Gubernur, bapak Pangdam dan bapak-bapak TNI yang sudah bantu renovasi rumah kami. Semoga diberikan kesehatan, banyak rejeki dan sukses dalam tugas.” tutup Ibu Sumini. ***Red/hrm

Berita Terkait

Baca Juga