Pemeriksaan Kesehatan Rutin Bagi Pengemudi dan Pekerja Terminal di Pati

INFODESA, KESEHATAN55 Dilihat

PATI, INFODESANEWS | Dalam profesi pengemudi terdapat tanggung jawab besar terkait keselamatan nyawa banyak orang, terutama penumpang. Sayangnya, banyak yang meremehkan profesi ini, meskipun tugas seorang pengemudi cukup berat. Selain mencari nafkah untuk keluarga, mereka juga harus memastikan penumpangnya tiba dengan selamat di tujuan.

Situasi ini menjadi lebih kompleks ketika seorang pengemudi sakit atau mengalami penurunan kondisi kesehatan. Meski mereka harus terus bekerja demi keluarga, mengemudi dalam kondisi tidak sehat sangat berbahaya. Risiko meningkat jika mereka mengemudi di bawah pengaruh obat yang menyebabkan kantuk, karena nyawa penumpang menjadi taruhan.

Menanggapi masalah ini, pada Selasa (11/6/2024), Satlantas Polresta Pati mengadakan pemeriksaan kesehatan gratis bagi pengemudi angkutan umum di terminal Kembangjoyo Pati. Tak hanya pengemudi, para pedagang kaki lima, tukang ojek, dan tukang parkir juga mendapat kesempatan untuk cek kesehatan.

Kegiatan ini diprakarsai oleh Kasat Lantas Polresta Pati Kompol Asfauri, S.H., M.H., dengan melibatkan beberapa personel, termasuk KBO Satlantas Iptu Muslimin, Kaurmintu Ipda Silvia, Kasubnit 2 Turjawali Ipda Andhika Novian, Kasi Dokkes Ipda Jasmani, serta anggota Satlantas dan Sidokkes Polresta Pati.

Kapolresta Pati Kombes Pol Andhika Bayu Adhittama, S.I.K., M.H., melalui Kasat Lantas Polresta Pati Kompol Asfauri, S.H., M.H., menjelaskan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan secara rutin dan terjadwal. Tujuannya adalah memastikan kesehatan para pengemudi agar selalu dalam kondisi sehat dan fit, sehingga dapat mencegah kecelakaan lalu lintas yang melibatkan angkutan penumpang.

“Semoga upaya yang sudah kita lakukan dapat mendukung keselamatan berlalulintas secara umum,” tutup Kompol Asfauri.**Gus Kliwir