Penemuan Granat Nanas Masih Aktif warga Japah Geger

INFODESA43 Dilihat

Blora, Infodesanews.comРPenenmuan Sebuah Granat aktif dipekarangan perumahan warga desa pada hari Selasa (24/10/2017) kemarin, di Desa Padaan, Kecamatan Japah, Blora,  Sontak, membuat warga geger dan setempat gelisah takut bisa menimbulkan ledakan.

“Waktu itu saya sedang menggali tanah untuk pembuangan sampah, sampai kedalaman 1,5 meter,” kata Sugeng (46).

Sampai kedalaman itu, Sugeng mendapatkan sebuah benda seperti batu. Benda tersebut kemudian dinaikkan lalu dibuang ke tempat puing-puing bekas pembangunan.

“Sadarnya tadi, saya kira adalah batu, tidak tahunya adalah Granat aktif,” ujarnya.

Temuan Granat itu membuat heboh warga setempat, barang temuan kemudian diamankan oleh warga dan dilaporkan ke Polsek Japah Polres Blora untuk ditindak lanjuti.

Tak lama berselang, Kapolsek Japah Kompol Daryoto bersama anggota datang menemui warga yang mengamankan Granat tersebut untuk mengambilnya guna diamankan di kantor Polisi Polsek Japah.

Tak ingin mengambil resiko, berbekal ilmu cara dasar menjinakan Bom, Kapolsek Japah Kompol Daryoto bersama anggotanya dapat mengevakuasi Granat aktif temuan warga dan selanjutnya diserahkan ke Polres Blora.

Dari hasil penyelidikan sementara, granat yang ditemukan tersebut berjenis nanas. Diduga, granat aktif itu merupakan peninggalan Belanda pada zaman penjajahan dulu.

“Barang bukti granat nanas sudah dibawa dan diserahkan ke bagian jihandak Polres Blora,” kata Kompol Daryoto.