Pengawas Koperasi Digembleng Aturan Koperasi

NASIONAL226 Dilihat

BLORA, INFODESANEWS | Pelaksanaan Pelatihan manajemen pengelolaan koperasi / KUD demgan sub tema ” Pelatihan Perkoperasian Bagi Pengawas Koperasi “, yang di laksanakan Dindagkop dan UKM Kabupaten Blora, senin 03/08/2020. di buka secara resmi kepala Dindagkop Dan UKM Blora Sarmidi, SP, MM yang di wakili Kepala Bidang Koperasi dan UKM Drs. Edy Suprapto, M.Si

Kegiatan ini melibatkan 25 koperasi baik lama dan juga baru terbentuk, dengan mendatangkan narasumber dari LPKS Cendekia Karanganyar, Kantor Pajak Pratama Blora dan DPMPTSP dari Kabupaten Blora.

“Sebagai pengawas harus bisa memberi masukan kepada pengurus koperasi agar dapat menjalankan koperasi menuju koperasi yang sehat,” ungkap Edy Suprapto yang mewakili Kepala Dindagkop dan UKM Blora yang berhalangan hadir membuka pelatihan.

” Kepada peserta Kepala Dinas mengharapkan peserta menyimak yang di sampaikan oleh narasumber sehingga, dapat di gunakan untuk kemajuan koperasi tersebut, ” ujarnya lagi.

Pelatihan yang di rencanakan akan dilaksanakan selama 3 hari ini di harapkan terwujutnya peningkatan kepatuhan koperasi terhadap peratuan perundang – undangan. Sehingga dapat mewujudkan koperasi yang kuat, sehat, mandiri dan tangguh.

Senada dengan itu Maya Ekawati, SH, MSi, Kasi Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi menambahkan selain maksud diatas, dengan adanya pelatihan bagi pengawas dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas koperasi terhadap pihak – pihak yang berkepentingan.

” Pelatihan ini memberikan bekal pada para pengawas agar dapat meningkatkan efektifitas pelaksanaan pengawasan koperasi oleh pemerintah agar tetap kondusif sesuai peraturan peundang – undangan koperasi yang berlaku,” ujarnya.

” Sehingga koperasi dapat mencapai tujuan efektifitas dan efesien dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi anggot,” tegasnya.

Salah satu peserta pelatihan Koperasi dari RS PKU Muhammadiyah Cepu, Mustofa, A.Md kepada infodesanews mengungkapkan kegembiraannya mengikuti pelatihan ini karena menurutnya mengikuti pelatihan ini mendapatkan pengetahuan yang luar biasa.

” Dengan adanya pelatihan ini kami di beri pengetahuan bagaimana pengawasan terhadap koperasi kami,” ujarnya di sela – sela pelatihan.

” Hasilnya kami berharap pasca pelatihan ini pengawas dapat mengawasi kegiatan-kegiatan koperasi sehingga hal – hal yang menyimpang dapat di hindari sehingga tidak merugikan koperasi dan anggota maupun masyarakat,”pungkasnya.***Red.

[awl-slider id=68081]

Berita Terkait

Baca Juga