Penyuluhan Kesehatan bidang Pemberdayaan Masyarakat

INFODESA67 Dilihat
Tulungagung, Infodesanews.com – Prilaku Gaya hidup sehat Hidup dengan ada prilaku untuk menja kondisi Tubuh yang sehat dengan pola makan, pikiran, kebiasaan dan lingkungan yang sehat. Dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah buahan setiap hari, memberikan ASI eksklusif kepada mereka yang mempunyai balita dan membawa ke posyandu.
 
Hal tersebut di ungkapkan dalam sambutan Kepala Desa Sambitan Jarot Gunawan saat mengawali Penyuluhan Kesehatan Bidang Pemberdayaan Masyarakat dari Dana ADD tahun 2017 Desa Sambitan di Balaidesa Sambitan Kec Pakel Selasa(24/10/17)
Sealin itu Kades juga menyampaikan bahwa Lingkunganpun juga harus bersih, supaya terhindar dari kuman penyakit . Ikut serta dalam program BPJS supaya meringankan beban berobat bagi masyarakat menengah ke bawah .
” Dengan adanyan menjaga lingkungan yang bersih agar lingkungan bebas dari sarang penyakit, kita juga harus ters menjaga lingkungan tetap sehat, dan jika sakit harus segera berobat, ” pungkasnya.
 
Sementara itu Ibu Anggi dalam penyuluhannya mengatakan bahwa Gerakan masyarakat hidup sehat merupakan tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran.
” Kemauan dan kemampuan berprilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup yang bertujuan menurunkan beban penyakit, enurunkan beban biaya pelayanan kesehatan, meningkatkan produktifitas penduduk dan menekan peningkatan beban finansial masyarakat,” ungkapnya.
 
Sedangkan Ibu Yuyun Sri Endarwati menyampaikan Higiene Sanitasi Pangan Menurut WHO, lebih dari 200 Penyakit ditularkan melalui makanan yang tidak aman dapat menyebabkan penyakit mulai dari diare sampai kanker.
” Beberapa penyakit ini bahkan dapat menyebabkan infeksi atau keracunan sepanjang hidup, 5 Milyar penyakit diare terjadi terhadap anak usia 5 tahun setiap tahun, “tuturnya.
 
Lebih lanjut dikatakan Ibu Yuyun bahwa Higiege Sanitasi Pangan pengendalian terhadap beberapa faktor diantaranya Faktor Pangan yaitu bagaimana cara memilih bahan makanan yang baik.
” Faktor Orang tentang perilaku personal untuk hidup hygiene (bersih, tidak sakit, menggunakan penutup kepala, clemik), Tempat  berkaitan dengan kebersihan, jauh dari sampah, tidak ada genangan air dan Perlengkapan yaitu Alat harus di cuci bersih dengan air mengalir dan menggunakan sabun,” pungkasnya
 
Tampak hadir pula dalam penyuluhan tersebut   Babinsa Ramil 0807/10 Pakel Serma Budiono, Babinkamtibmas dan Perangkat Desa Sambitan.(Md Dim 0807)