Peringati Hari Anak, Motor Pustaka Ajak Orang Tua Bacakan Buku

INFODESA, PENDIDIKAN106 Dilihat

LAMPUNG SELATAN, INFODESANEWS — Hari Anak Nasional yang jatuh pada tanggal 23 juli 2019 dimanfaatkan oleh seorang Penggiat literasi Motor Pustaka Kabupaten Lampung Selatan, dengan memberikan giat membaca.

Menurut Sugeng Haryono peran keluarga sangat dibutuhkan dalam meningkatkan minat baca terhadap anak-anak,

“Oleh karena itu Keluarga, diharapkan mampu melindungi anak sehingga dapat bertumbuh kembang dengan baik.”kata Sugeng sapaan akrabnya sang pengiat literati Motor Pustaka.

Sugeng mengatakan dengan cara meningkatkan baca kepada anak sejak usia dini akan mempererat hubungan emosional orang tua kepada anak yang saat ini mulai luntur, karena kesibukan kerja orang tua. Untuk itu kami berharap dengan gerakan ini dapat memberikan dan membiasakan anak untuk labih mengembangkan minat baca.

“Sesuai dengan pencanagan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui program Gerakan Nasional Orangtua Membacakan Buku (Gernas Baku) diharapkan dapat mendorong peran keluarga dan anak melalui membiasakan membaca buku di rumah, satuan PAUD, dan di tengah tengah masyarakat “kata dia pada Infodesanews.com. Rabu (24/7/2019)

Menurut sugeng membaca ibarat membuka jendela dunia, karena dengan membaca akan menambah imu dan wawasan. Dengan membaca, ungkapnya, akan membentuk pola pikir baru untuk meningkatkan kemampuan seseorang dalam menemukan berbagai keunikan yang berguna dalam kehidupan. “Semakin banyak membaca akan membentuk pribadi yang berilmu dan bijak dalam melangkah serta mengambil keputusan.”ujarnya.

Sementara itu Rumsih Kepala TK PGRI Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan Kabupaten Lampung Selatan mengatakan PAUD dan TK sudah berupaya menciptakan berbagai kegiatan untuk mendukung gerakan ini.

“Kami telah menyediakan pojok baca dan perpustakaan untuk meningkatkan minat anak dalam membaca buku serta menjalin kemitraan dengan pengiat literasi Motor Pustaka. “Selain itu Orang tua juga dapat dilibatkan sebagai sukarela membacakan buku untuk anak-anak.”kata dia. (Sg)

Berita Terkait

Baca Juga