Perkuat Jaringan Nasional, Alumni FH Unnes Bentuk Perwakilan Daerah

INFODESA42 Dilihat

Semarang, Infodesanews.com – Dinamika perkembangan nasional hari ini mengharuskan kampus memiliki jaringan yang sangat kuat, tidak terkecuali para alumninya. Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang (FH Unnes) dalam mensukseskan Tahun 2018 sebagai Tahun Internasionalisasi di Unnes berkomitmen melakukan berbagai upaya untuk mendukungnya, salah satunya melalui penguatan jaringan alumni. Hal ini disampaikan langsung oleh Dekan FH Unnes, Dr Rodiyah SPd SH MSi dalam Kongres Nasional II dan Temu Alumni FH Unnes, di Kampus Unnes Sekaran Gunungpati Semarang. Sabtu (13/01/2018)

Rodiyah mengungkapkan bahwa besarnya institusi perguruan tinggi salah satunya didukung oleh kuatnya jaringan alumni. Oleh karenanya, Rodiyah berharap melalui kegiatan Kongres Nasional dan Temu Alumni tersebut mampu memberikan perubahan yang signifikan. Sementara itu, Ketua Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Unnes, Dr. Drs Budiyanto MHum, berpesan bahwa alumni Fakultas Hukum Unnes memiliki tanggungjawab yang besar dalam membangun sistem hukum yang baik di Indonesia.

“Alumni FH Unnes harus hadir sebagai solusi bagi bangsa dan negara ini, membangun sistem hukum yang baik dan bermoral”, ungkapnya.

Herry Abduh Sasmito SH MH, Ketua IKA FH Unnes, kembali menegaskan posisi alumni dalam berbagai hal.

“Kita, alumni, dalam banyak hal, memiliki peran penting bukan hanya dalam membangun almamater, namun juga menjadi jembatan antara masyarakat dan kampus”, ungkapnya.

Lebih jauh, beliau mengungkapkan bahwa dengan banyaknya persebaran alumni di berbagai daerah, maka seharusnya bias memberikan dampak yang signifikan bagi pembangunan dan perkembangan di daerah. Kongres Nasional II yang berlangsung di Semarang tersebut juga memilih dan mengesahkan Ketua IKA FH Unnes, Muhtad Said SH MH, sebagai Ketua IKA FH Unnes Periode 2017-2022.

Pada sambutannya, Muhtar Said mengungkapkan bahwa peran sebagai alumni adalah berperan sebagai pembangun masyarakat.

“Kita berhimpun dalam sebuah ikatan keluarga, dan tersebar di banyak tempat, di berbagai sektor, maka marilah kita bangun masyarakat kita dengan berbagai kompetensi dan bidang kita”, ujarnya.

Pada Kongres Nasional tersebut juga dibentuk Perwakilan Daerah untuk menguatkan jaringan nasional. “Kita akan mulai merapihkan jaringan kita, mendata secara lengkap, dan menguatkan jaringan kita yang sudah ada, sehingga bias lebih berdaya guna”. FH Unnes setiap tahunnya meluluskan tidak kurang dari 200 alumni, dan lulusan FH Unnes banyak terserap di berbagai sektor baik di swasta maupun pemerintah. (Imron/ Yono)