Perkuat Tali Silahturahmi, KOPRA Solo Gelar Halal Bi Halal

SOLO – INFODESANEWS, Tahun demi tahun berlalu, namanya kenangan dan perjuangan tak kan lekang dimakan waktu. Semangat mempererat persaudaraan adalah sebuah cerita indah. Dimana merantau, orang Blora selalu senantiasa mengukir sejuta kisah dan cinta kasih.

Bertempat di Kedai Tahu Lontong & Es Jati Khas Blora (Mbak Endang), Komunitas Perantau Blora (KOPRA) di Solo menggelar acara halal bi halal pada Sabtu malam minggu, (21/5).

Kurang lebih 20 orang hadir dalam kegiatan yang digelar cukup sederhana dalam suasana suasana kekeluargaan itu di Kedai yang berlokasi di sebelah timur Korem 074 Warastrama Surakarta.

Sesepuh KOPRA Solo, Priyanto menyatakan, halal bihalal menjadi momentum untuk saling berjabat tangan, membangun silaturahmi dan saling memaafkan.

“Karena tidak bisa dipungkiri bahwa manusia sebagai makhluk sosial dalam berinteraksi dengan sesama adakalanya tanpa diduga atau disengaja mengalami gesekan dan benturan,” ujarnya.

Maka halal bihalal menjadi wadah yang tepat untuk saling bermaaf-maafan dengan segala kejernihan hati. ”Momentum ini selalu kita tunggu setiap tahunnya, khususnya bagi perantau Blora yang ada di Solo untuk bersilaturahmi. Saling berjabat tangan untuk saling bermaaf maafan atas segala kilaf sesama kita dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan dalam kita berinteraksi,“ jelas Priyanto, yang merupakan Staf Intel Kodim 0724/Boyolali.

Hal senada juga diungkapkan sesepuh lainya Sukisyanto
yang menyampaikan, belumlah terasa afdol kita hidup saling berdampingan dengan segala macam dan ragam profesi dan status dalam mengarungi kehidupan ini bila di antara kita tidak menyambung tali silaturrahmi dengan saling memberi maaf satu sama lainnya.

“Halal bihalal merupakan rangkaian atau bagian yang tidak terpisahkan dari Hari Raya Idul Fitri, sehingga sudah menjadi tradisi yang terus dilestarikan. Hal ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antara sesama umat Islam dan saling maaf-memaafkan,“ ungkap Anggota Koramil 09/Sawit Kodim 0724 Boyolali ini. (HR/*)