Polres Blora Gelar Pelatihan Sispam Kota, Jelang Tahun Pemilu 2024

BLORA, INFODESANEWS – Polda Jateng – Tahun 2024 adalah tahun dimana warga Indonesia akan menggunakan hak pilihnya untuk menentukan siapa pemimpin masa depan, dan untuk mengantisipasi euforia Pemilu 2024 Polres Blora menggelar Pelatihan Sispam Kota untuk melatih personel Polres Blora dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi selama masa pemilihan, Selasa (29/8/2023).

Kapolres Blora yang diwakili oleh Kabag Ops Kompol Sudarno, S.H., mengatakan bahwa tujuan utama pelatihan ini adalah untuk mengasah kewaspadaan dan respon personel bilamana di suatu TPS terjadi protes atas hasil perhitungan suara dan massa mendatangi KPUD Blora.

“Disituasi itulah respon dari seluruh personel pelatihan sispam kota ini dilatih agar bisa menganggapi situasi yang mungkin akan terjadi, jadi setiap personel punya peran masing-masing,” terang Kompol Sudarno.

Kabag Ops juga mengatakan semua personel baik polwan maupun polisi pria punya peran yang dalam pelatihan ini akan dilatih, seperti polwan memiliki tugas untuk menjadi negosiator atau penengah supaya tidak timbul kejadian yang tidak diinginkan.

“Bila negosiasi tidak berhasil, dan situasi semakin memanas, maka tim dalmas yang mengambil alih peran sebagai tindakan antisipasi dan meminta massa untuk mundur,” ucapnya

Lebih lanjut, bagian akhir adalah olah TKP yang menjadi tugas dari Tim Inafis dengan memasang police line, dan Tim Kesehatan untuk mengobati massa dan petugas yang terluka.

“Setelah pelatihan sispam kota ini, kita lakukan evaluasi hasil latihan untuk melihat apa yang masih belum atau kurang karena salah dalam bertindak dapat berakibat fatal untuk banyak pihak,” tambahnya.

Kegiatan ini tidak hanya dilakukan satu kali, namun akan terus dilakukan pelatihan supaya personel menjadi lebih baik lagi kedepannya dalam melaksanakan tugas.***Red/SM

Berita Terkait

Baca Juga