Polres Jepara Lakukan Ramp Check Angkutan Umum dan Tes Urine

INFODESA86 Dilihat

JEPARA, INFODESANEWS – Satlantas Polres Jepara melaksanakan kegiatan Ramp Check, pemeriksaan kesehatan dan cek urine kepada Pengemudi, Kru Dan Penumpang Bus dalam rangka kesiapan menjelang Ops Ketupat Candi 2022 di wilayah Kabupaten Jepara, Selasa (27/04/2022) sore.

Kegiatan yang berlangsung di Garasi Bus Shantika dan Sahalah kecamatan Tahunan kabupaten Jepara juga dilaksanakan tes urin kepada para pengemudi dan kru.

Saat dikonfirmasi, Kasat Lantas Polres Jepara AKP Doddy Triantoro, S.H., S.I.K.M.Si yang diwakili oleh KBO Satlantas Polres Jepara Iptu Sri Retno B mengatakan dengan menggandeng Satresnarkoba Polres Jepara, Sidokkes Polres Jepara dan Dinas Perhubungan (Dishub) setempat, kegiatan ini bertujuan dalam upaya mempersiapkan mudik hari raya Idul Fitri 1443 H/2022 M supaya aman dan lancar.

“Pada hari ini, kami melakukan kegiatan ramp check terhadap beberapa kendaraan angkutan umum yang digunakan untuk mudik lebaran, sekaligus dilakukan juga tes urin kepada para pengemudi,” ujar Iptu Sri Retno B.

Iptu Sri Retno B menjelaskan, bahwa dalam kegiatan tersebut pihaknya juga mensosialisasikan Undang-undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Kemudian sosialisasi pentingnya protokol kesehatan (Prokes), karena saat ini masih dalam pandemi Covid-19.

“Kami juga melakukan pengecekan surat-surat kelengkapan kendaraan. Pengecekan kondisi instrumen kendaraan (lampu utama, sein, wiper, rem, dan lain-lainnya). Pengecekan kondisi dan tekanan ban, hingga himbauan untuk selalu mengutamakan keselamatan diri pribadi dan orang lain,” ungkapnya.

Iptu Sri Retno B juga menambahkan, hasil dari kegiatan Ramp Check tersebut, dari 6 unit kendaraan yang ada, semuanya yang layak jalan. Kemudian untuk tes urin yang dilakukan terhadap 39 orang hasilnya semua negatif.

“Jadi hasil dari kegiatan ini adalah, guna menurunkan angka kecelakaan lalu lintas. Pengemudi patuh akan prokes. Meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan pengemudi dalam berlalu lintas. Kemudian pengemudi pun ikut berpartisipasi aktif menjadi pelopor keselamatan dalam berlalu lintas,” pungkasnya.(@Gus)

Berita Terkait

Baca Juga