Pramuka SMA N 1 Purwokerto Bantu Korban Banjir Sirau

PENDIDIKAN30 Dilihat

BANYUMAS, INFODESANEWS – Pramuka Ambalan Pandawa Srikandi Gudep SMA Negeri 1 Purwokerto menyalurkan bumbung kemanusiaan untuk korban bencana Banjir di Desa Sirau Kecaman Kemranjen Kabupaten Banyumas pada Kamis (05/11/2020) petang. Bantuan diserahkan melalui Pos Dapur Umum yang dikelola oleh Taganab Kabupaten Banyumas.

“Sebelum kami bergerak ke lokasi bencana, kami berkoordinasi terlebih dahulu dengan Komandan Tagana selaku koordinator dapur umum, sehingga bantuan yang kami salurkan tepat guna sesuai dengan kebutuhan” tutur Pradana Putra Falah Akbar Devansyah.

Devan mengatakan bantuan berasal dari Dana Bumbung Kemanusiaan, iuran sukarela warga Ambalan Pandawa Srikandi yang telah dikumpulkan sejak tahun 2019.

“Adapun bantuan yang kami wujudkan adalah daging ayam sebanyak 50 Kg, telur 2 Krat dan bumbu dapur,” tambah Devan.

Selain menyalurkan Bantuan, 8 anggota dewan ambalan yang mengikuti kegiatan juga ikut membantu kegiatan dapur umum seperti memasak, membungkus nasi hingga menyalurkan nasi siap santap langsung ke para warga.

Bening Sabrina Saraswatie salah satu Pengurus Dewan Ambalan dengan kunjungan ini dirinya jadi tahu bagaimana lelahnya relawan yang ikut menjadi Tim Dapur Umum.

“Padahal mereka mulai memasak sejak pukul 02.00 WIB dini hari dan berakhir pada pukul 21.00 WIB. Apa yang kami lakukan dengan membantu Tim Dapur Umum beberapa jam saja sudah bisa merasakan repot dan lelahnya dalam memyajikam makanan,” tuturnya.

Bening dan kawan kawan juga berkesempatan membagi nasi hasil masakan dapur umum ke para warga secara langsung.

“Bisa dibayangkan, mereka meracik masakan, memasak, membungkus dan mendistribusikan, suatu pekerjaan yang sangat luar biasa. Saya membagi kebetulan pas malam hari dan dibawah guyuran hujan, menembus genangan air untuk sampai ke rumah warga, ini pengalaman yang sangat berharga dan tak terlupakan.” Pungkas Bening.