Prihatin Penyebaran Penyakit HIV/ AIDS, TIM Penggerak PKK Kabupaten Pati lakukan Sosialisasi

INFODESA18 Dilihat

Pati,Infodesanews.com – Prihatin akan penyebaran dan penularan HIV/ AIDS di Kabupaten Pati, Kelompok Kerja IV Tim Penggerak PKK Kabupaten Pati memberikan sosialisasi tentang bahaya penyakit HIV/ AIDS yang merupakan salah satu penyakit mematikan kepada masyarakat Desa Bumiharjo Kecamatan winong kabupaten Pati. (Senin, 23/04)

Kegiatan sosialisasi ini merupakan rrangkain kegiatan non fisik  Dalam dalam rangka mendukung kegiatan Nonfisik TMMD Reguler ke-101 tahun anggaran 2018. Penyuluhan program kesehatan (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dan HIV/ AIDS) yang disampaikan Heni Rahmawati SKM, MM Kelompok Kerja IV Tim penggerak PKK kab. Pati dan diikuti oleh sekitar 70 orang ibu-ibu PKK Desa Bumiharjo.

“Pelaksanaan sosialisasi serta penyuluhan tentang bahaya penyakit HIV/ AIDS ini merupakan informasi yang sangat penting dan berguna bagi masyarakat agar masyarakat lebih paham tentang bahaya penyakit tersebut sehingga masyarakat diharapkan tidak melakukan apa yang menjadi penyakit tersebut dan bagaimana cara menanggulangi penyebaan penyakit tersebut ,” ucap Kapten Cba Kistono .

Menurut Heni, “Dengan latar belakang kondisi sosial masyarakat kita yang sebagian besar sebagai perantau, baik perantau dalam Negeri maupun luar Negeri ini menjadikan sangat rawan serta rentan terhadap penularan Virus HIV yang mematikan yang sampai sekarang belum diketemukan obatnya ini, penularan serta penyebaran virus HIV ini dapat ditularkan oleh siapa saja baik kaum leleki maupun perempuan, sebetulnya pada intinya untuk menjaga dan mengurangi penularan virus ini adalah menjaga kesetiaan antar pasangan masing-masing,“ jelasnya.

Lebih lanjut Heni juga menerangkan kepada peserta penyuluhan, bahwa penularan Virus HIV ini dapat melalui Hubungan seks, transfusi darah, penggunaan jarum suntik bergantian yang sudah terkontaminasi, dari ibu hamil kepada janinnya, luka akibat pemakaian benda bersamaan (silet, pisau cukur).

“Sedangkan virus ini tidak akan ditularkan melalui bersalaman, berpelukan, ciuman, batuk/ bersin, memakai alat rumah tangga, kamar mandi, WC, gigitan nyamuk,” tambahnya