PWOI Jateng Adakan Uji Kompetensi Wartawan

INFODESA215 Dilihat

PEKALONGAN, INFODESANEWS – Puluhan wartawan dari berbagai kabupaten di Jawa Tengah, beberapa waktu lalu mengikuti Uji Kompetensi Wartawan/reporter yang diadakan oleh Perkumpulan Wartawan Online Independen ( PWOI) Jawa Tengah yang bekerja sama dengan Dinas Informasi dan Komunikasi(Infokom) Kota Pekalongan, Jawa Tengah.

Menurut Kepala Diskominfo Kota Pekalongan yang diwakili Kabid PIKP , Iskandar, M.Hum yang menjelaskan, jika pihaknya dalam Hal ini turut serta memfasilitasi kegiatan ini dalam rangka meningkatkan profesionalisme Wartawan guna menangkal berita-berita Hoax.

” Tantangan Kita berita Hoax, karena saat ini semakin meningkat,” tuturnya.

Dan Iskandar juga menjelaskan bahwa para staf Kominfo juga diikutsertakan dalam kegiatan ini,

” Ada 16 (enam belas) orang yang ikut acara ini, juga merupakan staff Kominfo ” imbuhnya.

Disampaikan oleh Hadi Lempe ketua panitia penyelenggara, saat ini orang yang berprofesi sebagai wartawan sangat banyak bagaikan laron di musim penghujan, walaupun mereka tahu menjadi wartawan mempunyai tanggung jawab yang sangat berat yang dipanggul di pundak.

” Sebagai insan jurnalistik tentunya kita akan ikut membangun negara melalui karya jurnalistik yang profesiaonal, oleh karena itu dengan mengikuti ukw yang diselenggarakan oleh PWOI Jawa Tengah,” ujarnya.

” Diharapkan para kuli tinta bisa mengembangkan dan memahami tugas sebagai wartawan yang sangat berat dan tentunya ini menjadi tantangan tersendiri sebagai insan pers untuk bisa mengatasinya ,”pungkas pria berambut gondrong yang akrab dipanggil Helmi Lempe ini.

Senada dikatakan Drs.H. Rahmat Da’wah, S.H., M.M, ketua Perkumpulan Wartawan Online Independen(PWOI) Jawa Tengah, pentingnya mengikuti UKW menjadikan keharusan bagi seorang wartawan baik itu wartawan cetak, tv maupun online karena menjadi wartawan yang profesional sangatlah berat.

” Karena materi di dalam pelaksanaan UKW ini kami buat mencakup semua materi kegiatan yang menjadikan bekal kita untuk menguji kelayakan dalam menjalankan tugas kita sehari-hari khususnya wartawan yang tergabung di wadah PWOI Jawa Tengah,”ujarnya.

Kegiatan UKW yang dilaksanakan di Gedung Infokom Kota Pekalongan dengan pemateri utama Sapawi, S.Sos. (wartawan kompas)disampaikan sangat detail dan menarik sehingga suasana kelas tidak membosankan kemudian dilanjutkan dengan pemateri kedua Drs.H. Rahmat Da’wah, S.H., M.M, ketua Perkumpulan Wartawan Online Independen(PWOI) Jawa Tengah.***Red.

Berita Terkait

Baca Juga