Gunung Sinabung Beristirahat Setelah Memuntahkan Abu Vulkanik Raksasa

INFODESA146 Dilihat

Karo, Infodesanews.com – Gunung sinabung yang berada di kabupaten karo,Provinsi sumatra utara kembali meletus pada hari senin (19/2/2018)

Dahsyat nya letusan gunung sinabung kali ini bisa di lihat dari tebel nya abu vulkanik yang saat ini dapat di rasakan oleh warga masyarakat kota lhokseumawe,Kabupaten Aceh Utara, dan kabupaten aceh timur.

Letusan kali ini lebih dahsyat dari letusan sebelum – sebelumnya

Bahkan bagian puncak gunung sinabung hilang semenjak terjadi nya pasca letusan yang begitu dahsyat.

Dilansir Grid.ID dari akun Twitter kapusdatin Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho @Sutopo_BNPB, pada selasa ( 20/2/2018) mengunggah foto Gunung sinabung setelah terjadi nya pasca erupsi.

Perbandingan sebelum dan sesudah letusan gunung sinabung yang begitu dahsyat pada 19/2/2018. Bisa di lihat dari keluar nya material kubah lava di atas puncak gunung sinabung sebagian hancur di lintarkan ke atas bersamaan dengan ketebelan abu vulkanik mencaopai 5 km dan sebagian manjadi gugurab kawah panas.
Unggahnya

Bongkahan besar yang biasa disebut kubah lava tersebut sebagian hancur di muntahkan bersamaan dengan abu vulkanik saat terjadi erupsi.

Setelah lama tidak aktif selama kurang lebih 400 tahun lamanya, gunung sinabung kembali menunjukan aktivitas nya pada 2010 tahun lalu.

Sejak gunung sinabung mulai beraktivitas lagi pada tahun 2010 sering terjadi beberapa kali letusan.

Masyarakat merasakan letusan gunung sinabung sejak pada tahun 2010, 2013, 2015, 2016,2017, dan 2018 .

Desa gelap gulita karena pengaruh dari letusan gunung sinabung.

Kepala pos pengamatan gunung sinabung Armen putra menginformasikan kepada sejumlah media bahwa berdasarkan data pusat vulkanologo dan mitigasi bencana geologi pos pengamatan gunung sinabung,tepatnya pukul 08:53 WIB telah terjadi awan panas letusan gunung sinabung dengan ketingian kolom 5.000 meter, amplitudo 120 milimeter, dan lama nya gempa brsekala 607 detik.

Sekitar 2 (dua) jam sebelumnya, lebih kurang pukul 06:00 WIB, Moh Nurul Asrori,petugas di pos pengamatan gunung sinabung, melaporkan bahwa cuaca di sekitar wilayah gunung sinabung cerah dan mendung.

Saat itu angin bertiup lemah ke arah selatan dan barat dengan suhu udara 16 – 17° ( derajat celsius.

Sesuai pengamatan, ada 19 guguran dengab jarak luncur 500 sampai 2.000 meter mengarah ke tenggara dan selatan.

Dari jam 08:30 pago hingga saat ini masih kelihatan seperti jam 12 malam semua gelap gulita.

” Awan panas masih terus berlangsung dan abu vulkanik semakin tebal,masyarakat di Desa Gurki dan Payung membutuhkan masker untuk menghindari abu vulkanik,” ungkapa Hasan Tarigan,warga Desa perbaji.(David/Aras)

Berita Terkait

Baca Juga