Silandak Kalut, Aplikasi Sistem Informasi Kepemudaan Disosialisasikan

NASIONAL41 Dilihat

SULSEL, INFODESANEWS – Selama ini problem yang dihadapi adalah belum tersedianya data kepemudaan yang akurat, terintegrasi dan kompherensif untuk memetakan kondisi dan kebutuhan pemuda di Kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaranginang (Luwu Utara).

Hal tersebut berdampak pada tidak meratanya akses bantuan bagi pemuda ataupun saluran yang tepat bagi anak muda. Sehingga melalui aplikasi ini diharapkan bisa menuntaskan persoalan-persoalan yang ada.

Sistem Informasi Layanan Data Kepemudaan (Silandak) Kabupaten Luwu Utara (Kalut) nantinya akan hadir sebagai tools dalam mengeksekusi program kepemudaan ke depan di Luwu Utara.

“Mereka harus disiapkan saluran dan dibukakan akses untuk mengembangkan potensinya secara lebih merata dan maksimal,” sebut Kepala Bidang Layanan Kepemudaan Disporapar Luwu Utara, Sulkifli Indra Arman saat dikonfirmasi media ini via whatsapp, Senin 8 Juni 2024.

” Sistem ini dirancang untuk memastikan bahwa, semua informasi yang terkait dengan data pemuda, organisasi kepemudaan, serta pelaku wirausaha muda yang ada di Bumi Lamaranginang tersedia secara daring dan dapat diaksed dengan mudah,” ungkap Sulkifli.

Sebab Silandak merupakan program berbasis digital yang menjadi sistem informasi smart kepemudaan di Kabupaten Luwu Utara serta dapat dijadikan tolak ukur dalam pembuatan program dan kegiatan, sehingga lebih tepat sasaran dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dibidang kepemudaan.

Silandak menjadi pusat database kepemudaan yang akan memuat sebaran pemuda usia 16-30 tahun berdasarkan wilayah kelurahan/desa dengan sistem QR Code.

Ini akan jadi pusat data base OKP yang memuat data kepemudaan menurut organisasi kemasyarakatan.

Sekadar diketahui Silandak sebagai pusat database kepemudaan yang akan menjadi dasar realisasi berbagai program strategis pengembangan kepemudaan di Bumi Lamaranginang.

“Agar apa yang kita lakukan tepat sasaran. Silandak hadir sebagai tools dalam mengeksekusi program kepemudaan ke depan di Lutra.

Mereka harus disiapkan saluran dan dibukakan akses untuk mengembangkan potensinya secara lebih merata dan maksimal.

Selain itu aplikasi Silandak menyediakan info terkait artikel kepemudaan dan hal-hal penting yang perlu dipublikasikan serta adanya sistem manajemen aduan/ Panic Button untuk pemuda,” terang Sul panggilan akrab Kabid Layanan Kepemudaan Disporapar.

Dengan melalui beberapa platform media sosial seperti, YouTube, Facebook, Instagram serta media daring. Jufa menyediakan video demonstrasi tentang tatacara penggunaan sistem tersebut.

Bagi masyarakat terkhusus pemuda-pemudi yang ingin mengetahui lebih jelas lagi mengenai Silandak Kalut, bisa mengunjungi website resmi Disporapat Luwu Utara di disporapar.luwuutarakab.go.id atau website resmi Pemda Luwu Utara di www.luwuutarakab.go.id.

” Bisa juga langsung datang atau menghubungi alamat kami di Disporapar, Jalan Simpurusiang Kelurahan Bsluase Kecsmatan Masamba, dengan email: [email protected],” jelas Sul.** Yustus.