Simbar Joyo Dodo Jimbaran Pati Yang Penuh Mistis

INFODESA162 Dilihat

Pati, Infodesanews.com – Simbar joyo dodo atau sering dikenal masyarakat dengan sebutan Sumber Dodo terletak di Sendang ndodo yang berada didesa Jimbaran Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Jateng.

Simbar joyo dodo ini merupakan tempat yang dianggap mistis dan disitu pula pernah terdapat kejadian kejadian yang kemudian dipercayai oleh masyarakat luas, yaitu jika ada pengunjung yang melanggar peraturan dan kurang sopan ditempat itu maka bisa mendapatkan dampaknya.

“Jika kejadian-kejadian yang menimpa keluarga itu tidak ada, tapi jika ada pengunjung disini yang kurang sopan bisa mendapatkan dampak”, kata Mbah lujeng salah satu pengurus punden Ki Ageng Simbar Joyo Dodo kepada Pers Jurnalis Infodesanews. Selasa (23/01/2018)

Dipunden simbar joyo dodo biasa digunakan untuk tradisi salamatan. Dulunya tradisi salamatan diambil setiap hari senin dan kamis tetapi sekarang bisa setiap hari. Selain itu di tempat tersebut juga banyak masyarakat datang sevara khusus dalam arti mempunyai niat tertentu dan melalui perantara simbar joyo dodo mereka ingin niatnya tersebut terkabul.

Selai itu tujuan masyarakat mengunjungi punden Ki Ageng Simbar Joyo Dodo yaitu agar hidupnya selamat sekeluarga dan seandainya menanam tanaman padi, jagung atau tanaman palawija bisa sukses lestari.

Di makam Simbar joyo dodo ini terdapat beberapa larangan dan pantangan, yaitu dilarang menginjak batu bantalan, dilarang berbicara keras dan melanggar pengarahan dari pengurus punden Ki Ageng Simbar Joyo Dodo. Bukan hanya itu, air yang berada dibawah batu bantalan tersebut dipercaya masyarakat bisa memyembuhkan segala penyakit apapun dan dapat melancarkan segala macam usaha.

“Air yang berada dibawah batu bantalan bisa diminum dengan ketentuan minumnya harus 7 kali cegukan,” ujar mbah lujeng. (Novi/Yono)