SMP N 8 PURWOKERTO JAWARA JELAJAH GALANG 2018

PENDIDIKAN81 Dilihat

Purwokerto, Infodesanews.com, Penggalang SMP Negeri 8 Purwokerto memborong Juara Jelajah Galang 2018 yang digelar oleh Ambalan Bhisma Tri Dharma dan Dewi Ratih Gugus Depan 05.2813-05.2814 SMA Negeri 3 Purwokerto. Regu putra dan putri sekolah itu berhasil meraih nilai tertinggi dan menjadi yang terbaik pada kegiatan yang dilaksanakan, Sabtu (20/1/2018).

Acara dibuka oleh Bupati Banyumas Ir Achmad Husein, diikuti sebanyak 28 regu penggalang dari SMP/MTs Se Kabupaten Banyumas.

Bupati Achmad Husein menyambut baik, kegiatan yang dilaksanakan secara rutin oleh Pramuka SMAN 3 Purwokerto. Menurut Bupati Pramuka menjadi salah satu pencetak generasi berkarakter, yang memiliki rasa tanggungjawab, mandiri, disiplin, berani dan tidak putus asa.

“Bahkan saat saya ketemu dengan Presiden Bapak Jokowi beberapa waktu yang lalu di Pekuncen, beliau bertanya mengapa Banyumas bisa memiliki Puluhan Jenderal, dengan bangga saya menjawab karena pramuka, dan Pramuka Banyumas sudah 30 tahun tergiat di Jawa Tengah,” kata Bupati.

Sementara itu Kepala SMA Negeri 3 Purwokerto Drs Ananto Nur Semedi mengatakan kegiatan jelajah galang merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun dan tahun 2018 merupakan tahun ke 27.

“Kegiatan ini digelar dalam rangka memeperingati ulang tahun sekolah sekaliligus ambalan yang ke 28,” katanya.

Melalui jelajah galang, Ananto berharap para pengalang memiliki ruang untuk berevaluasi dan motivasi serta semangat yang akan menjadikanya sebagai seorang pramuka, dengan kepribadian kuat dan mempunyai pengetahuan materi-materi kepramukaan yang akan menjadi bekal sebagai penerus bangsa.

Pradana Dewan Ambalan Bhisma Tri Darma, Weka Halim Muktabar mengatakan bahwa lomba jelajah galang 2018 diikuti oleh 28 Regu, terdiri 13 regu putra dan 15 regu putri. Menurutnya Jelajah Galang merupakan kegiatan kas Ambalan Bhisma Tri Dharma dan Dewi Ratih yang salah satu tujuannya adalah dalam rangka melatih dan mewujudkan anggota pramuka menjadi generasi penerus bangsa yang dapat memimpin, berpengetahuan, serta kuat kepribadiannya.

Weka melanjutkan bahwa peserta diwajibkan melewati sepuuh pos yang berada di dalam dan di luar ruangan.

“Setiap pos peserta diwajibkan mengerjakan tugas yang meliputi pos komunikasi, kedisiplinan, kekompakan, ketangkasan, kebudayaan, keselamatan, pioneering, KIM dan lainya” jelasnya.

Pada akhir perlombaan ditetapkan sebagai juara untuk Regu Putra, Juara I I SMP Negeri 8 Purwokerto, Juara II SMP Negeri 1 Sumbang, Juara 3 SMP Negeri 4 Purwokerto

Sedangkan Regu Putri Juara I SMP Negeri 8 Purwokerto, Juara II SMP Negeri 1 Sumbang dan Juara III MTs Maarif NU Cilongok.

Upacara penutupan dan penyerahan piala dilakukan oleh Ketua Kwarcab Banyumas Drsa Achmad Supartono dan Kepala SMA Negeri 3 Purwokerto.