Tekan Angka Kemiskinan, 6 Desa Jadi Target Utama

INFODESA143 Dilihat

Blora, Infodesanews.com – Pemkab Blora targetkan angka kemiskinan di Kabupaten Blora bisa menurun hingga 9%/10% di tahun 2018 ini.

Ada enam desa termiskin yang sudah kami petakan berdasarkan data BPS, yaitu Desa Sumber, Desa Mendenrejo, Desa Getas (Kecamatan Kradenan), Desa Pilang (Kecamatan Randublatung), Desa Sidomulyo (Kecamatan Banjarejo) dan Desa Ketileng (Kecamatan Todanan).

Hal tersebut diungkapkan oleh wakil Bupati Blora Arief Rohman yang juga Ketua Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Blora.

Dalam Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Kabupaten Blora Tahun 2018 yang dilangsungkan Rabu (08/08) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Blora.

Dalam laporannya ia menyatakan bahwa saat ini angka kemiskinan di Blora mengalami tren positif. Dari tahun ke tahun terus menurun sehingga perlu untuk terus ditekan agar berkurang.

“Kemiskinan di Blora dari tahun ke tahun terus menurun. Tahun 2015 kita berada di angka 13,52 persen, kemudian di 2016 turun 13,33 persen dan menjadi 13,04 persen atau 111.880 jiwa di 2017 kemarin. Berdasarkan RPJMD, tahun ini kami targetkan bisa sampai angka 11,2-11,7 persen. Sehingga pada akhir kepemimpinan Djoko-Arief nanti bisa mencapai 9-10 persen,” bebernya.

Guna mencapai target yang diinginkan tersebut, pihaknya tahun lalu telah memetakan satu desa miskin per kecamatan untuk dijadikan sasaran pengentasan kemiskinan dengan cara menjadikan desa miskin tersebut sebagai lokasi program pemberdayaan masyarakat dan pelatihan kerja.

“Untuk tahun ini TKPKD menetapkan 6 desa termiskin di Kabupaten Blora untuk dijadikan sasaran pengentasan kemiskinan,” tutupnya.(spy)

Berita Terkait

Baca Juga