Terobosan Baru, Bayar Pajak Kendaraan Kini Cukup di Desa

INFODESA44 Dilihat

BLORA, infodesanews.com – Masyarakat desa selama ini harus menempuh perjalanan jauh ke kota untuk membayar pajak kendaraan bermotor, kini akan semakin dipermudah. Kantor pelayanan pajak hadir di desa-desa dengan nama Samsat Desa. Program ini diperuntukan bagi wajib pajak khususnya warga Blora yang hendak melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor atau perpanjangan STNK tahunan.

Upaya ini diguna mendekatkan layanan kepada masyarakat pelosok desa yang hendak melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor atau perpanjangan STNK tahunan dengan cara menjemput ke desa dan tetap melaksanakan pelayanan di Kantor Samsat Pangururan. ”Tujuan program ini adalah untuk memangkas jarak perjalanan yang jauh tanpa harus ke kantor Samsat induk saat membayar pajak,” kata Kepala Samsat Blora, Agus Riyadi saat ditemui infodesonews.com.

Program Samsat Masuk Desa dengan peralatan berupa sepedamotor, laptop, printer dan perlengkapan lainnya. “Untuk Samsat Masuk Desa, dua orang petugas salah satunya petugas kepolisian akan turun ke lokasi yang mudah dijangkau masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak,” jelas Agus.

Pelayanan Samsat Desa ini, lanjut Agus, hanya diperuntukan bagi pembayaran pajak kendaraan tahunan. Sedangkan perpanjangan STNK lima tahunan harus dilakukan di kantor Samsat induk terdekat. ”Di Samsat Desa ini proses pelayanannya cepat, maksimal hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit di luar antrian. Syaratnya, pengurus pajak harus membawa BPKB, STNK dan KTP asli,” tandasnya.

Saat ini, baru ada 2 buah sepeda motor Samsat Desa yang akan digunakan untuk melayani masyarakat. Ia berharap kedepan setiap kecamatan ada satu buah motor Samsat Desa, dimana se Blora ada 16 Kecamatan. Sehingga masih diusahakan lagi pengadaan 14 motor. (Ely/Ar)